bar-merah

7 bahaya Facebook yang dapat merusak kualitas hidup Anda

ZONAUTARA.com – Ada lebih dari 1 miliar pengguna Facebook aktif bulanan. Meskipun awalnya bertujuan untuk menyatukan semua orang demi menjalin hubungan, efek Facebook bagi publik menjadi perdebatan besar karena sederet dampak buruk yang ditimbulkan.

Coba selami cara Facebook memengaruhi produktivitas Anda dan mengapa Anda pada akhirnya harus mempertimbangkan untuk berhenti dari Facebook.

1. Facebook memungkinkan Anda membuang waktu

Saat berada di Facebook dan menelusuri umpan berita, banyak pengguna aktif tidak menyadari waktu yang sebenarnya dihabiskan untuk menonton. Ini telah menjadi sangat adiktif bahkan banyak yang merasa berkewajiban untuk menyukai atau mengomentari apapun yang orang bagikan.

Anda mungkin menganggap waktu yang dihabiskan di Facebook sebagai waktu luang, meskipun Anda tidak sadar bahwa Anda dapat menghabiskan waktu yang sama untuk mengurus diri sendiri, mempelajari sesuatu yang baru, atau melakukan tugas sehari-hari.

2. Dapat mengurangi motivasi

Dengan melihat kiriman orang lain yang terus-menerus tentang pesta yang mereka hadiri atau teman yang sering mereka temui, Anda mungkin merasa tidak aman tentang diri sendiri jika kiriman Anda tidak semenarik seperti yang ada diumpan berita Anda.

Namun, jarang ada hal seperti pergi keluar setiap hari atau menikmati liburan yang luar biasa setiap tahun. Sayangnya, kami menginternalisasi postingan yang kami lihat dan membuat gambaran di benak kami tentang bagaimana orang lain hidup.

Sebuah studi menemukan bahwa “peserta yang paling sering menggunakan Facebook memiliki sifat harga diri yang lebih rendah, dan ini dimediasi oleh keterpaparan yang lebih besar terhadap perbandingan sosial ke atas di media sosial”.

Pada dasarnya, ketika melihat postingan yang menggambarkan kehidupan yang dianggap “lebih baik” daripada kehidupan Anda, harga diri Anda tersentuh.Banyak dari kita yang melakukan cara ini selama berjam-jam.

3. Anda menggunakan energi buat orang yang tidak Anda pedulikan

Lihat jumlah teman yang Anda miliki di Facebook. Berapa banyak dari mereka yang benar-benar teman baik? Berapa banyak permintaan pertemanan yang Anda terima adalah orang sungguhan atau kenalan Anda yang sebenarnya?

Anda harus mengakui bahwa Anda memiliki orang-orang di Facebook yang tidak terkait dengan Anda dan beberapa yang hampir tidak Anda kenal, tetapi masih mengomentari foto mereka atau menawarkan suka sekarang dan lagi. Pada dasarnya, alih-alih menawarkan waktu dan energi Anda untuk hubungan yang benar-benar bermanfaat dalam hidup Anda, Anda menggunakannya untuk orang-orang yang tidak terlalu Anda pedulikan.

4. Facebook banyak memberi Anda informasi yang tidak berguna

Membaca surat kabar atau majalah untuk mendapatkan informasi adalah hal yang berbeda dari menghadapi berita palsu, trend, dan berita selebritas melalui postingan di Facebook. Hal yang ingin Anda lewatkan setelah berhenti dari Facebook adalah pemboman informasi yang sepertinya tidak berpengaruh pada hidup Anda sama sekali.

5. Merusak keterampilan komunikasi Anda

Kapan terakhir kali Anda benar-benar nongkrong dalam kehidupan nyata dengan teman, kerabat, atau kolega Anda? Media sosial yang seharusnya membantu kita berkomunikasi namun membuat kita melupakan komunikasi yang sebenarnya dan menyulitkan kita berkomunikasi secara efektif dalam kehidupan nyata. Ini dapat berdampak negatif pada hubungan kita di rumah, kantor, atau di lingkungan sosial kita.

6. Anda termanipulasi

Salah satu masalah terbesar Facebook adalah pengaruhnya terhadap kreativitas orang. Meskipun diasumsikan sebagai situs media sosial gratis, yang memungkinkan Anda membagikan hampir semua hal yang Anda inginkan, Anda memiliki kecenderungan untuk ingin mendapatkan lebih banyak suka.

Untuk mendapatkan lebih banyak suka, Anda harus bekerja sangat keras pada kiriman yang Anda bagikan, mencoba membuatnya lucu, kreatif, atau pintar, sementara Anda dapat menghabiskan waktu yang sama melakukan sesuatu yang benar-benar meningkatkan kreativitas Anda. Setelah keluar dari Facebook, Anda akan kagum dengan semua hobi kreatif yang sempat Anda kembangkan.

7. Mengambil alih hidupmu

Strategi pemasaran Facebook cukup jelas. Penciptanya ingin Anda menghabiskan waktu sebanyak mungkin di situs. Saat mengerjakan kiriman mereka dan memilih gambar mana yang akan dibagikan, banyak orang sebenarnya mencoba menjadi orang lain. Ini sering berarti mereka akhirnya diisolasi dari dunia nyata dan diri mereka yang sebenarnya.

Dimungkinkan untuk menggunakan waktu dan energi yang sama untuk menjadi versi yang lebih baik dari diri Anda sebagai gantinya berpura-pura. Mengapa tidak mencobanya dengan keluar dari Facebook?



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com