bar-merah

Sembuh dari Covid-19, Kepala Dinkes Sitaro berbagi pengalaman

ZONAUTARA.com – Setelah ditetapkan positif terpapar Virus Corona Desease (Covid-19) pada 16 November 2020 lalu, kini Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sitaro Dr Semuel E Raule MKes dinyatakan sembuh dan akan segera beraktifitas kembali seperti biasanya.

“Karena gejala ringan jadi selama 14 hari saya isolasi mandiri tapi dalam pengawasan pihak rumah sakit. Sekarang sudah sembuh dan akan segera kembali bekerja seperti biasa,” ujar Raule Rabu (2/12/2020).

Untuk memastikan sembuh dari covid, dijelaskan Raule, sesuai protokol penanganan covid bagi yang gejala ringan tidak perlu di tes usap kedua karena hasilnya bisa palsu.

“Karena bekas virus yang rusak atau mati nanti akan tetap terbaca positif sehingga tidak diperlukan, cukup menghabiskan waktu karantina 14 hari dan dapat dinyatakan sembuh. Kecuali pasien berat di rumah sakit diperlukan tes usap kembali,” jelas Raule.

Awal mula dinyatakan positif, Raule mengatakan sempat mengalami kehilangan indra penciuman sehingga dia mencurigai bahwa telah terpapar Covid-19. Memang diakui, sempat melakukan perjalanan ke luar daerah Sitaro.

“Sehari sebelumnya dinyatakan positif, saya berinisiatif untuk tes usap (swab) dan hasilnya positif. Setelah itu saya langsung menghubungi pimpinan untuk melaporkan hasil tersebut,” kata Raule.

Ditanya soal perasaan sembuh dari Covid-19, Raule mengungkapkan merasa lega dan bersyukur.

“Lega rasanya bisa melewati masa-masa sulit karena menghadapi virus yang berbahaya ini, tapi bersyukur pada Tuhan sekarang sudah sembuh dan akan segera masuk kantor,” tutur Raule.

Untuk itu dia menyarankan bagi masyarakat, untuk mengikuti semua protokol kesehatan dan tidak menganggap remeh.

“Kita bisa terpapar kapan saja dan dimana saja, untuk itu tetap berlakukan 3M mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” tukas dia. (Stenly Rein Mes Gaghunting)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com