Manado, ZONAUTARA.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Utara (Sulut) Ardiles Mewoh memastikan standar protokol kesehatan (Prokes) akan tersedia di tempat pemungutan suara (TPS) saat pencoblosan pada pemilihan kepada daerah (Pilkada) tanggal 9 Desember 2020, besok.

Menurut Ardiles di TPS akan tersedia tempat mencuci tangan atau hand sanitizer, pengukuran suhu tubuh, pengaturan jarak dan tetap diwajibkan memakai masker.

“Kemudian seluruh petugas pemilihan mengenakan APD (alat pelindung diri) seperti masker, face shield, dan sarung tangan,” jelas Mewo, Selasa (8/12/2020) kepada awak media.

Ardiles juga menegaskan, agar seluruh masyarakat yang memiliki hak suara dan telah menerima undangan jangan ragu datang ke TPS untuk memilih calon kepala daerah, karena pihak keamanan telah menjamin rasa aman dan protokol kesehatan di lokasi TPS.

“Jadi kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) setempat dibantu pengawas akan menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat. Salah satunya tinta sebagai tanda bahwa pemilih sudah menyalurkan hak pilihnya, dalam Pilkada 2020 ini diteteskan ke jari, dan tidak lagi dicelup,” ucap Ardiles.

Ia berharap masyarakat usai mencoblos agar segera kembali ke rumah dan tidak berkumpul atau berkerumun di TPS untuk mencegah penularan virus corona.

Penulis : Ishak Kusrant




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id