bar-merah

Kapolda Sulut apresiasi Pilkada Serentak berjalan sehat dan damai

MANADO, ZONAUTARA.com – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol R.Z Panca Putra memberikan apresiasi kepada masyarakat atas partisipasi pada Pilkada Serentak 2020. Apresiasi juga diberikan kepada penyelenggara, Pemerintah Daerah serta TNI-Polri karena Pilkada di daerah ini berjalan dengan sehat dan damai.

“Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua elemen yang telah turut bersama-sama menyukseskan Pilkada di Sulut, sehingga berlangsung dengan sehat dan damai. Kita semua patut bersyukur dan bangga,” ujar Kapolda, Kamis (10/12/2020) pagi.

Dari hasil pantauan pelaksanaan tahap pemungutan suara bersama unsur Forkopimda di beberapa wilayah Rabu kemarin, seluruhnya berjalan aman dan kondusif. Protokol kesehatan juga benar-benar diterapkan di setiap TPS dan berjalan sesuai aturan.

“Hasil pantauan protokol kesehatan benar-benar diterapkan, termasuk penjagaan ketat oleh personil Polri, TNI, dan Linmas. Hingga saat ini kami belum menerima laporan kejadian menonjol terkait pelaksanaan tahap pemungutan suara,” jelas perwira tinggi berpangkat dua bintang ini.

Kapolda kemudian mengajak seluruh pihak untuk tetap menjaga situasi yang aman, kondusif dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Apalagi saat ini, Pilkada memasuki tahap penghitungan suara. Masyarakat dimintanya untuk tetap tenang dan bersabar.

“Percayakan proses penghitungan suara berdasarkan mekanisme dan aturan yang berlaku kepada pihak penyelanggara Pilkada,” imbaunya.

Kapolda Sulut juga meminta masyarakat untuk tidak bereuforia berlebihan seperti konvoi, pawai, arak-arakan di jalan raya dalam merayakan kemenangan paslon yang didukung. Karena metode penghitungan cepat atau quick count perolehan hasil suara bukanlah bersifat final.

“Tunggu hasil resmi perolehan suara diputuskan oleh KPU nanti. Karena euphoria berlebihan berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban, juga penyebaran Covid-19,” jelasnya.

“Jika hal tersebut tetap dilakukan, maka aparat keamanan pasti akan mengambil tindakan tegas dan menjatuhkan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku,” tambah tegas Panca Putra.

Sebagai warga negara yang patuh hukum, Kapolda mengajak seluruh masyarakat untuk mematuhi aturan, baik itu yang tertuang dalam Undang-undang/KUHP, Pergub, Perwako/Perbup, juga Maklumat Kapolri yang jelas-jelas melarang keras aksi konvoi dan kerumunan massa. Apalagi mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Saya mengajak masyarakat melakukan aktivitas seperti biasanya dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban, serta wajib menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Irjen Pol R.Z Panca Putra.

Penulis: Asrar Yusuf



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com