bar-merah

Petugas KPPS ini masih bertugas di TPS padahal positif corona

ZONAUTARA.com – Meski terkonfirmasi positif Covid-19, seorang petugas Kelompok Pemungutan Suara (KPPS) di Gunung Kidul, daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pilkada Serentak digelar pada 9 Desember lalu.

Dikutip dari CNN Indonesia, Petugas KPPS tersebut telah dirapid test pada 4 Desember, dan hasilnya adalah reaktif.

Menurut Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul, Supami sebelumnya telah ada imbauan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), hingga Ketua KPPS untuk meminta petugas tersebut tidak bertugas pada hari H lantaran sedang menunggu hasil swab test atau tes usap.

Menurut Supami, pada pagi harinya, saat petugas PPS dari desa melakukan pemantauan, petugas yang bersangkutan disebut tidak terlihat di lokasi. Lantas sekitar pukul 10.00 WIB, ada pemberitahuan dari Puskesmas bahwa hasil swab test petugas tersebut dinyatakan positif Covid-19.

Namun rupanya menurut Ketua KPPS, yang bersangkutan masih bertugas di TPS.

“Ternyata ketua KPPS baru mengatakan bahwa petugas yang bersangkutan ada di situ. Karena tempat tinta itu posisinya di belakang dan agak tersembunyi, sehingga PPS baru mengetahui bahwa yang bersangkutan ada di sana,” ungkap Supami Jumat (11/12).

Ia menduga, ketua KPPS sengaja mengizinkan yang bersangkutan untuk tetap bertugas, karena secara fisik perempuan tersebut terlihat sehat. Selain itu, pemahaman sebagian masyarakat terkait bahaya penularan Covid-19 pun menurutnya masih minim.

“Setelah dinyatakan positif, petugas KPPS itu dibawa pulang dan proses pemungutan suara sempat dihentikan sementara untuk sterilisasi lokasi TPS,” sambung Supami.

Selain itu, tracing (pelacakan kontak) dan rapid test (tes cepat) segera dilakukan ke beberapa orang yang disinyalir kontak dengan petugas tersebut. Termasuk keluarganya.

Hasil dari tes massal, sebagian dinyatakan non-reaktif, akan tetapi ada dari anggota keluarga petugas yang menjalani tes swab dan masih menunggu hasil laboratorium.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com