bar-merah

Upaya menjamin kesejahteraan petani jagung, gudang CDD dibangun di Bolmong

BOLMONG, ZONAUTARA.com – Untuk menjamin kesejahteraan petani jagung di wilayah Kabupaten Bolmong dan sekitarnya, Perum Bulog mulai membangun gudang corn drying center (CDC) atau pusat pengeringan jagung di Desa Dulangon Kecamatan Lolak.

Kabid Administrasi Keuangan Bulog Wilayah Sulut-Go, Noldy Ramayadi yang mewakili Kepala Kanwil Bulog Sulut-Go mengatakan, gudang CDC itu ditargetkan mulai beroperasi di akhir tahun 2021.

“Target selesai pembangunannya pertengahan tahun 2021. Setelahnya masih harus mengurus izin operasi yang perkiraannya 4 bulan. Jadi gudang CDC ini akan beroperasi di akhir tahun 2021,” ujar Noldy.

Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Gudang CDC Perum Bulog itu sendiri, dilakukan oleh Sekretaris Daerah Bolmong, Tahlis Gallang mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow.

Tahlis dalam sambutannya mengapresiasi Perum Bulog atas pembangunan Gudang CDC tersebut, karena keberadaannya akan memberikan jaminan kepada masyarakat petani jagung.

“Ini menjamin panen jagung mereka tetap aman, meski di tengah cuaca yang tidak menentu. Sehingga dengan adanya CDC atau pusat pengeringan jagung ini di Bolmong, maka para petani kita termotivasi untuk meningkatkan produksi jagungnya,” ujar Tahlis.

Dengan daya tampung 3000 ton/silo, lanjut Tahlis, Gudang CDC itu pun bisa memberikan banyak efek positif nantinya.

“Jadi bisa menampung bahkan sampai dari luar daerah Bolmong. Efeknya pasti akan meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten di Bolmong,” kata Tahlis.

Diketahui, kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Gudang CDC itu, menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan ketat.

Dimana setiap tamu yang datang diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, serta wajib bersedia diukur suhu tubuhnya sebelum memasuki lokasi kegiatan.

Selain itu, hand sanitizer juga disediakan panitia kegiatan di dekat tempat duduk peserta kegiatan.

Penulis: Iswahyudi Masloman



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com