BOLMONG, ZONAUTARA.com – Kabar diterimanya 1,2 juta vaksin Covid-19 di Indonesia, membuat pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menyatakan kesiapan melaksanakan vaksinasi Covid-19 di daerahnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Erman Paputungan, meski vaksin buatan Sinovac Biotechdi belum didistribusikan di Bolmong, namun pihaknya sudah siap melaksanakan vaksinasi covid-19.

Kesiapan Pemkab Bolmong terlihat dari tenaga medis yang dibekali dengan pelatihan cara melakukan vaksinasi.

“Pelaksanaan vaksinasi covid-19 ini mirip dengan vaksinasi pada umumnya. Tetapi, kita sudah membekali para petugas medis yang nantinya akan melakukan vaksinasi ini,” ujar Erman.

Pemkab Bolmong masih menunggu petunjuk teknis terkait vaksinasi covid-19. Mulai dari skala prioritas, usia yang akan divaksin dan mekanisme distribusi vaksin.

“Vaksin ini harus disimpan pada tempat yang khusus. Alhamdulillah, untuk Bolmong tempat penyimpanan ini ada di seluruh puskesmas. Tempat penyimpanan vaksin harus memiliki suhu yang diatur sesuai dengan ketahanan vaksin,” jelas Erman.

Pemkab Bolmong juga mengajak masyarakat untuk menyambut baik vaksin covid-19.

“Ini menjadi kabar gembira di tengah pandemi covid-19 yang masih terjadi. Kami di daerah tinggal menunggu petunjuk teknis dan informasi dari pemerintah pusat terkait dengan langkah selanjutnya seperti apa,” ujar Paputungan.

Vaksin covid-19, lanjut Erman, dipastikan akan melewati uji klinis sesuai standar prosedur. Selain itu, semua tahapan mengenai kehalalan pun akan ditempuh oleh pemerintah.

“Kita serahkan semua kepada pemerintah pusat. Pastinya vaksin ini sebelum didistribusikan akan melewati tahapan uji klinis beberapa tahapan. Kalau pun ada efek samping, semua jenis obat atau vaksin memang seperti itu,” terang Erman.

Sambil menunggu vaksin didistribusikan ke Bolmong, pihaknya mengajak masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id