bar-merah

Pemkab Bolsel lakukan swab test ke desa

BOLSEL, ZONAUTARA.com – Pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melakukan pengambilan sampel swab test hingga ke desa, untuk mendeteksi dini Covid-19.

Salah satunya dilakukan oleh Puskesmas Duminanga yang melakukan pengambilan sampel swab test di setiap kantor Desa yang ada di Kecamatan Helumo.

“Saat ini di wilayah Puskesmas Duminanga sudah dilakukan di kantor-kantor desa, yang difokuskan kepada seluruh perangkat desa,” ucap Kepala Puskesmas Duminanga, Sriwahyuni Kadullah, Sabtu (19/12/2020).

Menurut Sriwahyuni, hal itu penting dilakukan karena para Perangkat Desa merupakan pelayanan publik, yang setiap harinya melakukan kontak dengan banyak orang.

“Tak hanya Perangkat Desa, pengambilan sampel swab juga dilakukan terhadap guru-guru di sekolah,” ujar Sriwahyuni.

Menurut Sriwahyuni, pihaknya sudah melakukan swab test di tiga Kantor Desa dan satu Sekolah yang diambil sampel di Desa Motolohu, Desa Sinandaka dan Desa Pangia.

“Untuk sekolah SDN 1 Duminanga dengan total 12 sampel yang didapat, akan diantarkan ke Dinas Kesehatan Bolsel,” tutur Sriwahyuni.

Masyarakat pun diminta Sriwahyuni, untuk bisa proaktif dan memiliki kesadaran diri untuk dapat mengecek kesehatan langsung, dengan cara pemeriksaan pengambilan sampel swab di puskesmas Duminanga.

“Jangan khawatir, semua pemeriksaan dilakukan gratis tanpa ada pungutan biaya untuk pengambilan sampel swab dan rapid test,” kata Sriwahyuni.

Selain itu, Sirwahyuni juga meminta kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dengan menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Penulis: Nanda Saputra



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com