MANADO, ZONAUTARA.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang digelar 9 Desember 2020 terlaksana sukses, tertib, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pakar Epidomologi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Prof Dr dr Grace D Kandou, MKes menghimbau masyarakat agar tetap waspada dengan penularan Covid-19 pasca-pilkada.

“Akhirnya, klaster pasca-pilkada yang kita khawatirkan mulai bermunculan,” ujarnya.

Mantan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unsrat menyebutkan, meskipun semuanya sudah disiapkan dengan matang namun penularan virus corona yang tidak kelihatan secara kasat mata tersebut tidak mudah untuk dihentikan.

“Meskipun sudah disiapkan semuanya dengan matang dari jauh-jauh hari namun penularan virus corona yang begitu masif dan tidak kelihatan secara kasat mata, tidak mudah untuk kita hentikan,” terangnya.

Bahkan seminggu berselang sebelum penambahan kasus covid-19 melonjak tinggi, Prof. Grace telah menghimbau seluruh masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan.

“Jangan sekali-sekali pandang enteng atau acuh tak acuh, karena tindakan tersebut sangat merugikan orang sekitar dan orang banyak. Harus sadar betul agar bersama-sama melakukan tindakan-tindakan nyata untuk pemutusan rantai penularan Covid-19,” ujarnya.

Penulis: Erick Tambuwun/kabarpost.com




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id