bar-merah

Jangan panaskan makanan ini di microwave, bisa berbahaya

microwave
Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.com – Salah satu peralatan dapur modern yang sangat membantu adalah microwave. Peralatan dapur ini akan membantu para ibu rumah tangga memanaskan makanan.

Dengan menggunakan microwave, proses memanaskan makanan tidak lagi repot. Cukup memilih mode, menyetel waktu dan tinggal tunggu sampai alarmnya berbunyi bahwa proses pemanasan sudah selesai.

Tetapi harus diingat, peralatan dapur yang canggih ini tidak bisa digunakan untuk memanaskan semua jenis makanan.

Ada beberapa jenis makanan yang justru menjadi berbahaya jika dipadakan dengan microwave.

Berikut ini 7 makanan yang tidak boleh dipanaskan dengan microwave, menurut Brightside:

Daging

Daging yang sudah diolah mengandung beberapa bahan yang berbahaya jika dipanaskan dengan microwave. Bahan ini juga riskan terhadap radiasi elektromagnetik.

Memanaskan daging dengan microwave juga akan berdampak pada oksidasi kandungan kolesterol di dalamnya. Cara memanaskan daging seperti ini efeknya akan sangat membahayakan kesehatan tubuh.

Ikan

Ilustrasi dari Pexels.com

Ikan yang dipanaskan dengan microwave justru akan mengeluarkan bau amis yang tidak menyenangkan. Ikan yang dipanaskan dengan microwave tidak akan bisa dikonsumsi lagi.

Unggas

Untuk ayam goreng yang garing, memanaskannya dengan microwave justru akan membuatnya kehilangan tekstur. Kandungan minyak yang ada pada ayam goreng akan keluar.

Memanaskan ayam goreng dengan microwave akan membuatnya menjadi sangat berminyak. Ayam juga akan kehilangan kerenyahannya dan menjadi seperti kubangan minyak.

Sayuran

Beberapa sayuran hijau dapat berkurang nutrisinya ketika dipanaskan kembali. Radiasi elektromagnetik pada microwave juga bisa berbahaya pada kandungan nitrosamin bayam dan buah bit yang dapat menyebabkan karsinogenik.

Sayuran dedaunan juga akan sangat berbahaya bagi microwave. Daun pada sayur dapat memantik api dari panas microwave yang merambat melalui daun.

Buah

Beberapa buah memiliki kandungan yang tidak cocok jika dimasukkan ke dalam microwave. Microwave juga dapat mengubah anggur segar menjadi tidak layak makan.

Suhu panas dalam microwave dapat menghilangkan kandungan air pada buah. Hal ini tentunya akan merusak buah.

Nasi

Ilustrasi Pexels.com

Nasi yang sudah disimpan pada suhu ruang terlalu lama kemungkinan besar sudah mengandung bakteri dan patogen. Panas pada microwave tidak cukup untuk membunuh bakteri dan patogen pada nasi.

Nasi yang sudah didiamkan pada suhu ruang lebih dari sehari sebaiknya segera dibuang saja. Bakteri dan patogen yang sudah menempel dapat menyebabkan keracunan makanan.

Sup krim

Sup dengan tekstur cair akan aman jika dipanaskan dengan microwave. Tetapi hal ini berbanding terbalik dengan sup krim yang bertekstur kental.

Panas pada sup akan sulit untuk menyebar sehingga menyebabkan penumpukan panas di satu tempat saja. Hal ini dapat berujung bahkan hingga menyebabkan sup meledak.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com