bar-merah

54 ribu kematian akibat corona di Rusia, yang positif tembus 3 juta kasus

ZONAUTARA.com – Negara Rusia menghadapi wabah virus corona yang berat. Hingga Sabtu (26/12/2020) Rusia sudah mencatat jumlah kasus konfirmasi positif virus corona mencapai 3 juta kasus.

Meski jumlah orang terinfeksi di Rusia masih sangat tinggi, namun otoritas Rusia belum berkeinginan untuk kembali melakukan lockdown.

AFP menyebut, hingga gelombang kedua Covid-19 yang melanda Rusia saat ini jumlah total kasus positif sudah mencapai angka 3.021.964.

Rusia juga melaporkan angka kematian yang cukup tinggi, yakni sebanyak 54.226 orang yang dilaporkan meninggal akibat virus corona.

Dalam 24 jam terakhir, tercatat 29.258 kasus infeksi baru dan 567 kematian terdaftar di Rusia. Ini menjadikan Rusia sebagai negara keempat yang paling terpukul akibat pandemi Corona di seluruh dunia.

Sejak musim dingin dimulai, setiap minggu telah membawa rekor baru untuk kasus infeksi dan kematian baru, dengan pusat lonjakan kasus di Moskow, ibu kota Rusia dan kota terbesar kedua Saint Petersburg.

Daerah-daerah yang lebih miskin di negara itu, yang seringkali kurang dilengkapi dengan fasilitas medis, juga melaporkan gambaran yang meresahkan.

Namun demikian, angka resmi menunjukkan tingkat kematian akibat Corona yang lebih rendah di Rusia daripada di Eropa Barat atau Amerika Serikat, sesuatu yang dibanggakan oleh Presiden Vladimir Putin selama berbulan-bulan.

Putin mengatakan pekan lalu pada konferensi pers tahunan, bahwa Rusia telah melakukan pekerjaan yang “lebih baik” dalam menangani pandemi daripada negara-negara Barat.

Tetapi pihak berwenang Rusia hanya menghitung kematian karena COVID-19 dari hasil otopsi yang mengonfirmasi bahwa virus Corona adalah penyebab utamanya.

Berusaha untuk melindungi ekonomi yang menderita, Moskow sejauh ini menolak untuk memerintahkan lockdown nasional. Sebagai gantinya, negara itu bertujuan untuk melindungi orang-orang dengan vaksinasi massal menggunakan vaksin Sputnik V buatan sendiri.

Menteri Kesehatan Mikhail Murashko mengatakan di TV publik bahwa vaksin itu “aman dan efektif” untuk penggunaan umum, dan juga diizinkan untuk diberikan kepada mereka yang berusia di atas 60-an tahun.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com