Cegah penyebaran Covid-19, malam pergantian tahun Kawasan Megamas dan Boulevard ditutup

2 mins read
Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli.
Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli. (Foto: Arter)

MANADO, ZONAUTARA.com – Mengantisipasi adanya kerumunan di malam pergantian tahun, akses masuk ke dalam kawasan Megamas ditutup total. Begitu juga dengan Jalan Pierre Tendean, Boulevard.

“Berlaku untuk tanggal 31 Desember 2020, sejak pukul 18.00 WITA,” ujar Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli pada konferensi akhir tahun Polresta Manado di Jembatan Kuning Boulevard, Selasa (29/12/2020).

Kawasan Megamas biasanya digunakan warga Kota Manado sebagai tempat perayaan di malam pergantian tahun seperti pesta kembang api. Sedangkan Jalan Pierre Tendean digunakan untuk konvoi kendaraan.

Kapolresta Manado mengatakan, penutupan sementara dua lokasi vital di Kota Manado ini berdasarkan instruksi khusus dari Polda Sulut untuk tidak mengadakan kegiatan di malam pergantian tahun. Dalam instruksi tersebut, masyarakat diimbau tidak melakukan kegiatan di malam tahun baru dengan membuat kerumunan orang untuk mencegah terjadinya klaster baru Covid-19.

Baca Pula:  Aparat TNI dan Polsek Kabaruan menindak pelanggar protokol kesehatan

“Khusus untuk malam tahun baru, jika masih ada masyarakat yang memutar musik dengan keras seperti disko tanah, maka peralatan yang digunakan akan disita dan dibawa ke Polresta Manado,” tegas Laoli.

Ia mengimbau masyarakat agar sebaiknya merayakan malam Tahun Baru 2021 di rumah masing-masing dengan keluarga.

“Kalau sekadar merayakan bersama keluarga dengan kumpul-kumpul atau kegiatan positif lainnya di rumah, silakan saja,” kata dia.

Baca Pula:  Walikota Manado marathon temui ibu-ibu, sosialisasikan protokol kesehatan

Mengacu pada Perwako No 44 Tahun 2020, khusus tanggal 31 Desember, semua tempat usaha baik toko, rumah makan dan sebagainya tetap dibuka sejak pukul 08.00 WITA dan wajib tutup pada pukul 20.00 WITA. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker).

“Intinya, kami pihak kepolisian hanya ingin tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Kota Manado. Mari tetap terapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan tidak berkumpul di kerumunan orang banyak atau menjaga jarak, demi kesehatan kita bersama,” pungkas Kapolresta Manado.

Penulis: Asrar Yusuf

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com