bar-merah

Dampak Covid-19, tak Ada kunjungan di PGA Karangetang

SITARO, ZONAUTARA.com – Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), Pos Gunung Api (PGA) Karangetang memastikan laporan pengunjung atau wisatawan sepanjang tahun 2020 nihil atau tidak ada sama sekali.

“Hingga Desember 2020 ini tidak ada wisatawan atau pengunjung yang melapor, baik itu wisatawan domestik terlebih wisatawan mancanegara,” ujar Didi Wahyudi, petugas PGA Karangetang Siau, saat ditemui wartawan di Kantor PGA Salili, Senin (28/12/2020).

Menurut Didi Wahyudi, kemungkinan hal itu disebabkan pandemi Covid-19, sehingga tidak ada pengunjung yang datang melapor.

“Sebenarnya kami tidak mengijinkan ada wisatawan ataupun masyarakat beraktifitas di radius 2,5 KM dari puncak kawah,” kata Didi Wahyudi.

Menurutnya, dibawah radius 2,5 KM dari kawah merupakan area Kawasan Rawan Bencana (KRB) III, dan masih diberi kelonggaran bagi wisatawan atau warga untuk beraktifitas.

“Tapi dengan melihat kondisi atau aktivitas gunung. Kalau aktivitas gunung meningkat, maka tidak diperkenankan atau diijinkan. Apalagi mendekati kawah, itu tidak boleh sama sekali,” tukas dia.

Hingga akhir tahun 2020, lanjut dia, tidak ada wisatawan yang melapor untuk melakukan pendakian.

“Pada tahun-tahun sebelumnya, untuk wisatawan mancanegara mendekati 20 orang wisatawan yang melapor. Demikian halnya dengan wisatawan domestik. Tapi tahun ini tidak ada sama sekali,” jelas Didi.

Terkait dengan pelayanan pengunjung di PGA Karangetang sendiri, pihaknya mengedepankan protokol kesehatan.

“Mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak adalah hal yang prinsip,” katanya lagi, seraya menambahkan untuk status gunung api Karangetang masih berstatus Siaga.

Peliput: Stenly Rein Mes Gaghunting



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com