bar-merah

Cari tahu hal ini sebelum mendaki gunung

Mendaki gunung
Ilustrasi mendaki gunung dari Pexels.com

ZONAUTARA.com– Mendaki gunung merupakan salah satu olahraga alternatif yang diminati oleh semua kalangan, terlebih khusus kalangan anak muda. Dengan mendaki gunung kita bisa menikmati keindahan alam yang tidak biasa.

Contohnya dapat melihat kawah gunung, dapat melihat hamparan pegunungan nan hijau, dapat menikmati seluruh keindahan kota, dan masih banyak lagi keindahan yang dapat kita nikmati ketika sebuah gunung didaki. Apalagi ditemani orang yang spesial.

Namun aktivitas mendaki gunung bisa menjadi kegiatan olahraga alternatif yang ekstrem. Mengapa ekstrem? karena saat mendaki gunung kita akan menghadapi berbagai macam medan lintasan dan berbagai macam kondisi alam berbahaya dan tak terduga.

Sebelum kita mendaki gunung, sebaiknya perhatikan dua hal berikut:

1. Hal Berbahaya

Ini salah satu kondisi yang akan kita jumpai saat mendaki gunung. Kondisi ini bisa disebabkan karena alam itu sendiri yang tidak bisa ditebak dan tidak bisa kita hindari. Kita hanya bisa meminimalisir bahaya dengan cara mempersiapkan diri melengkapi semua peralatan pendakian.

Contoh kondisi berbahaya seperti terjadi gempa saat mendaki, terjadi longsor, hujan, pohon tumbang, bertemu binatang buas/berbisa.

Untuk meminimalisir kecelakaan akibat kondisi berbahaya tersebut, yang perlu kita lakukan adalah mencari data informasi yang lengkap mengenai gunung yang akan kita daki. Seperti informasi prakiraan cuaca di lembaga resmi seperti BMKG, informasi aktivitas gunung yang akan kita daki di pos pemantau gunung, dan informasi lainnya yang terpercaya.

2. Hal Mengundang Bahaya

Ini merupakan kondisi yang timbul karena kelalaian kita sendiri. Kondisi ini adalah kondisi yang seharusnya bisa antisipasi dan dihindari. Kondisi ini lebih ke persiapan fisik dan intelegensia saat melakukan pendakian.

Contoh kondisi mengundang bahaya seperti kurangnya pemahaman akan manajemen pendakian, tidak membawa peta dan kompas, dan kondisi fisik yang tidak dilatih.

Saat mendaki gunung seharusnya kondisi mengundang bahaya bisa kita hindari dengan cara: menguasai manajemen perjalanan; mempersiapkan semua peralatan mulai dari peta, kompas, golok, senter, perbekalan, dan yang terpenting adalah kondisi fisik saat kita melakukan pendakian harus sehat dan prima.

Fisik merupakan faktor utama dalam kondisi mengundang bahaya ini. Bagaimana kita akan mendaki gunung pada ketinggian 3000 mdpl misalnya, sementara kita tidak melatih fisik misalnya dengan jogging dan tidak memperhatikan asupan kalori. Dengan memperhatikan dua hal ini saja, kita sudah mengurangi kondisi mengundang bahaya saat melakukan pendakian.

Untuk memastikan kondisi kebugaran fisik apakah sudah cukup ketika melakukan pendakian bisa didapatkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menggunakan perhitungan Balke. Dengan perhitungan Balke, minimal kita bisa mendapatkan gambaran mengenai kondisi kebugaran fisik kita saat mau melakukan pendakian.

Bagaimana menghitung kebugaran dengan perhitungan Balke?

Ket:     X = Jarak yang ditempuh dalam satuan meter saat kita jogging

            15 = lama waktu (menit) saat joging non stop

Selain kebugaran fisik, asupan kalori juga harus kita perhatikan dalam melakukan pendakian gunung. Kebutuhan asupan kalori akan berdampak pada daftar menu perbekalan yang akan kita bawa saat melakukan pendakian. Dengan mengetahui total kalori yang kita butuhkan, kita bisa menentukan apa saja perbekalan yang akan kita bawa saat melakukan pendakian gunung.

Bagaimana cara mengetahui kebutuhan asupan kalori minimal pada tubuh kita? Kita bisa menggunakan rumus perhitungan Haris Benedict atau biasa kita kenal dengan BMR (basal metabolic rate)

BMR Pria = 66 + (13,7 x berat badan) + (5x tinggi badan) – (6,8 x usia)

BMR Wanita = 655 + (9,6 x berat badan) + (1,8x tinggi badan) – (4,7 x usia)

Ket:

  • Berat badan dalam kilogram (kg)
  • Tinggi badan dalam sentimeter (cm)

Level Aktifitas

  1. Tidak aktif = 1,2(yang tidak berolahraga sama sekali dalam seminggu).
  2. Aktivitas ringan = 1,375(yang berolahraga sekitar 1-3 kali dalam seminggu).
  3. Aktivitas sedang = 1,55(yang berolahraga sekitar 3-5 kali dalam seminggu).
  4. Aktivitas berat = 1,725(yang berolahraga sekitar 5-6 kali dalam seminggu).
  5. Aktivitas sangat berat = 1,9.(yang berolahraga sekitar 2 kali dalam sehari, termasuk latihan fisik ekstra berat, atau memang job desc-nya full aktivitas fisik).

Untuk mengetahui kebutuhan kalori saat kita melakukan aktifitas adalah:



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com