bar-merah

Pria ini tipu 400 orang lewat lelang sepatu di medsos, berapa yang dia dapat?

Penipuan
Polisi menangkap pria yang melakukan penipuan modus lelang sepatu. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)

ZONAUTARA.com – Polisi di Cirebon berhasil meringkus seorang pria berinisial JS. Dia diduga telah melakukan penipuan terhadap ratusan orang melalui lelang online.

JS dalam aksinya melelang sepatu di akun media sosialnya. Agar calon pembeli tertarik, JS memasang foto-foto sepatu bermerek di akun media sosialnya.

“Korbannya kurang lebih 400 orang. Tersangka ini mengunggah merek sepatu tertentu di Instagram. Kemudian dilakukan lelang secara online. Dan, itu dilakukan berulang kali,” kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi dikutip dari detik.com, Jumat (1/1/2021).

Aksi JS sudah dilakoninya sejak tahun 2019. Dalam setiap proses lelang fiktif itu pelaku mendapatkan sekitar Rp15 juta hingga Rp20 juta.

“Setelah sepatu ini berhasil dilelang, kemudian pelaku menyuruh korbannya mengirim sejumlah uang. Tapi, sepatu yang dilelang ini tidak dikirimkan ke pemenang lelang. Itu hanya modus dengan lelang sepatu,” tutur Syahduddi.

Dia menambahkan uang hasil menipu itu digunakan pelaku untuk memenuhi kebutuhan pribadinya, salah satunya membeli alat-alat elektronik.

“Kasus seperti ini memang yang pertama dan berhasil kami ungkap. Ini berawal dari laporan korbannya,” kata Syahduddi.

JS kini mendekam di sel tahanan Mapolres Cirebon. Ia dikenakan sangkaan Pasal 378 KUHP.

“Ancaman hukuman pidana penjara lima tahun,” ujar Syahduddi.

Menurut Kapolresta, dari total 400 korban ini, pelaku mendapatkan uang sekitar Rp 800 juta.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com