bar-merah

Ini 10 orang terkaya di dunia, Bill Gates tergeser, Mark Zuckerberg nomor 5

Orang terkaya di dunia
Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.com – Tidak semua orang terdampak negatif dari pandemi Covid-19, bahkan beberapa orang justru menikmati kekayaan yang bertambah karena Covid-19. Mereka terutama adalah konglomerat yang usahanya berkaitan langsung dengan pandemi.

Sebut saja Jeff Bezos yang dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia versi Blomberg Billionaires Index. Kekayaan pendiri Amazon.com Inc ini melonjak sangat tinggi karena antusiasme orang-orang berbelanja secara online saat beberapa negara memberlakukan lockdown.

Di bawah Bezos kini ada pendiri perusahaan mobil listrik Tesla, Elon Musk. Elon menggeser pendiri Microsoft, Bill Gates. Bisnis Tesla selama pandemi meroket tajam dan menambah kekayaan bagi Musk.

Jika digabungkan kekayaan Jeff Bezos dan Elon Musk, totalnya mencapai 217 miliar dollar AS hanya dalam 12 bulan terakhir.

Dalam daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg itu, 500 orang dalam daftar teratas kekayaan bersih mereka jika digabungkan, bertambah 1,8 triliun dollar AS dalam setahun terakhir atau selama dunia mengalami situasi pandemi virus corona.

Kekayaan bersih mereka mencapai 7,6 triliun dollar AS, naik 31 persen, dan merupakan lonjakan terbesar dalam sejarah 8 tahun Bloomberg Billionaires Index.

Gelombang kejut dari pandemi Covid-19 memang menjungkirbalikkan industri. Miliarder yang kaya dari sektor-sektor real-estat bisa tergeser oleh miliarder yang bisnisnya baru terlihat saat pandemi.

Sebut saja Eric Yuan, pendiri aplikasi konferensi video Zoom Video Communications Inc. Saat pandemi, orang jadi terbiasa menggunakan Zoom untuk rapat atau sekedar bercengkrama bersama keluarga.

Kemudian ada Zhong Shanshan, taipan dari botol air kemasan sederhana yang dijuluki “Lone Wolf”. Lone Wolf melekat di diri Zhong karena dia tidak terlibat dalam urusan politik atau kerja sama dengan taipan China lainnya dalam bisnis-bisnisnya.

Zhong menjadi orang terkaya di Asia setelah IPO dua perusahaannya meningkatkan kekayaan bersih sebesar 70,9 miliar dollar AS. Selain air kemasan, salah satu perusahaan Zhong ini menciptakan vaksin Covid-19.

Zhong mampu menggeser Mukesh Ambani dari India. Mukesh diketahui tengah mentransformasikan konglomerasinya menjadi raksasa e-commerce dan teknologi.

Tidak semua miliarder China berkembang di tahun 2020 ini. Jack Ma yang awalnya jadi orang terkaya di China, harus tergeser oleh segelintir miliarder China lainnya. Padahal dia siap menambah kekayaannya dari pertumbuhan raksasa e-commerce Alibaba dan penawaran umum perdana Ant Group Co. Sayang, IPO Ant Group kandas di tangan pemerintah China dan membuat kekayaan Jack Ma merosot.

Berikut ini 10 orang terkaya di dunia versi Bloomberg Billionaires Index

1. Jeff Bezos, kekayaan senilai 190 miliar dollar AS atau Rp 2.660 triliun (kurs Rp 14.000).

2. Elon Musk, 170 miliar dollar AS atau Rp 2.380 triliun.

3. Bill Gates, 132 miliar dollar AS atau Rp 1.848 triliun.

4. Bernard Arnault, 114 miliar dollar AS atau Rp 1.596 triliun.

5. Mark Zuckerberg, 104 miliar dollar AS atau Rp 1.456 triliun.

6. Warren Buffet, 87,6 miliar dollar AS atau Rp 1.226 triliun

7. Larry Page, 82,4 miliar dollar AS atau Rp 1.153 triliun.

8. Steve Ballmer, 80,4 miliar dollar AS Rp 1.125 triliun.

9. Sergey Brin, 79,8 miliar dollar AS atau Rp 1.117 triliun.

10. Larry Ellison, 79,7 miliar dollar AS atau Rp 1.115 triliun.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com