ZONAUTARA.com – Saat musim penghujan, suhu udara akan menjadi lebih rendah, dan pastinya akan terasa lebih dingin dari biasanya.

Kebanyakan dari kita pasti akan menggunakan pakaian yang tebal dan berlapis, atau menggunakan selimut yang tebal untuk sekedar menghangatkan diri.

Namun ada beberapa orang yang tidak nyaman dengan pakaian dan selimut yang tebal. Bagi para zonatarian yang tidak mau menggunakan pakaian tebal atau selimut, bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang bisa menghangatkan tubuh. Penasaran?

Ini dia enam makanan yang mampu menghangatkan tubuh saat sedang musim hujan.

1. Telur

Foto dari Pexels.com

Telur menjadi salah satu makanan yang mudah dicerna, sehingga cepat menjadi kalori dalam tubuh. dan juga banyak sekali jenis makanan yang sering menggunakan telur.

Karena mengandung banyak protein dan vitamin maka telur dipercaya dapat membantu menjaga tubuh tetap hangat.

2. Buah-buahan kering

Foto dari Pexels.com

Buah-buahan kering yang dapat menghasilkan panas dalam tubuh antara lain Kismis, Jambu Mente, dan Almond.

Selain berguna untuk menghangatkan tubuh, buah-buahan ini juga dapat membantu proses penyembuhan anemia dan berbagai penyakit yang disebabkan karena kekurangan zat besi dan vitamin.

3. Madu

Foto dari Pexels.com

Madu sangat berguna untuk menjaga tubuh tetap hangat, karena madu memiliki kalori yang tinggi, yang dapat langsung diproses menjadi energi dalam tubuh.

Selain itu madu juga dapat meningkatkan imun dalam tubuh dan bisa mencegah flu serta batuk.

4. Jahe

Foto dari Pexels.com

Siapa yang tidak mengenal jahe, bahan ini hakekatnya memberi rasa hangat pada tubuh. Sering kita melihat penggunaan jahe pada makanan dan minuman seperti wedang jahe, susu jahe dan lain-lain.

Sifat termogenik yang dikandung dalam jahe membuat jahe dapat membantu tubuh agar tetap hangat, dan mampu meningkatkan metabolisme serta aliran darah pada tubuh

5. Biji wijen

Banyak makanan yang menggunakan biji wijen, walaupun terlihat kecil, biji wijen memiliki kandungan zat besi dan kalium yang berfungsi untuk memperkuat tulang dan otot, serta menjaga tubuh tetap hangat dan nyaman saat musim dingin.

6. Sayuran (akar-akaran)

Ada beberapa sayuran yang sangat berguna untuk menghangatkan tubuh, yaitu ubi jalar, lobak, dan lain-lain. Selain menghangatkan tubuh sayuran-sayuran ini baik untuk pencernaan.

Cara pengolahan dengan dijadikan sup hangat sangat tepat dikonsumsi ketika musim dingin.

Itu dia 6 makanan yang dapat menghangatkan tubuh saat musim penghujan.

Sumber: suara.com




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id