bar-merah

Eiger dianggap terlalu mengintervensi hak konsumen

Eiger blunder
Tangkap layar surat keberatan Eiger yang diunggah oleh YouTuber duniadian. Dalam surat disebutkan bahwa video review produk yang diunggah Dian lewat YouTube dianggap kurang layak karena beberapa hal.(TANGKAPNLAYAR INSTAGRAM/@duniadian)

ZONAUTARA.com – PT Eigerindo Multi Produk Inustri yang memproduksi produk outdoor merek Eiger dianggap terlalu mengintervensi hak konsumen.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi.

“Management Eiger seharusnya berterima kasih atas input dan masukan konsumen,” kata Tulus, Jumat (29/1/2021), dikutip dari Kompas.com.

Hal ini dikatakan Tulus menanggapi sebuah unggahan yang menampilkan Surat Keberatan yang dikirimkan Eiger kepada YouTuber Dian Widiyanarko.

Surat itu menjadi biral di media sosial sejak Kamis malam.

“Apa yg dilakukan Eiger kurang pas, terlalu intervensi kepentingan dan hak konsumen,” kata dia.

Tulus menegaskan, hak konsumen untuk didengar pendapatnya, keluhannya, serta pengaduannya telah dijamin oleh Pasal 4 Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Eiger, menurut Tulus, selaku pelaku usaha harusnya tidak perlu risih terhadap apa yang disampaikan konsumen.

“Apa yg dilakukan konsumen justru good input agar produk Eiger makin berkualitas dan dicintai konsumen,” kata dia.

Sebelumnya, pihak Eiger merasa keberatan dan kurang puas terhadap video review yang diunggah Dian dalam kanal YouTube-nya, @duniadian.

Dian mengunggah tangkap layar surat tersebut di akun Twitter dan Instagram-nya, @duniadian karena menganggap apa yang dilakukan Eiger tak tepat.

Dian membuat konten review sendiri, bukan karena endorse. Produk Eiger yang di-review juga dibeli sendiri oleh Dian.

“Halo @eigeradventure jujur kaget saya dapat surat begini dari anda.

Lebih kaget lagi baca poin keberatannya. Saya kan review produk gak anda endorse. Kalau anda endorse atau ngiklan boleh lah komplen begitu.

Lha ini beli, gak gratis, lalu review pake alat sendiri,” tulis Dian dalam twitnya.

Hingga kini, unggahan tersebut telah di-retwit sebanyak 43.600 kali dan disukai sebanyak lebih dari 81.900 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Tagar #Eiger pun menjadi trending topic pertama pada Kamis malam.

Eiger Adventure telah meminta maaf kepada masyarakat atas surat keberatan terhadap video review milik Dian Widiyanarko.

“Atas nama perusahaan PT Eigerindo Multi Produk Industri (MPI), sebagai perusahaan yang menaungi Eiger Adventure, dengan rendah hati kami menyampaikan permintaan maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat atas masalah yang terjadi,” tulis CEO PT Eigerindo MPI, Ronny Lukito melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (28/1/2021).



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com