bar-merah

Catat tahapan pendaftaran CPNS tahun 2021

ZONAUTARA.com – Bagi yang bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil (PNS) harus menyimak informasi ini.

Pasalnya, Pemerintah akan membuka kembali lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2021 ini.

Sejumlah formasi sudah disiapkan oleh pemerintah bagi warga negara Indonesia yang berkeinginan menjadi PNS.

Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Teguh Widjinarko menjelaskan, bahwa rencananya bulan Maret 2021 akan ditetapkan formasinya, dan bulan April – Mei 2021 dibuka proses pendaftaran. Dan Juni 2021 mulai dilakukan seleksi.

Sayangnya, Teguh enggan membocorkan berapa banyak formasi yang bakal dibuka pada CPNS 2021 nanti. “Rincian angka detailnya akan diumumkan kemudian,” tambahnya.

Sementara ini, pihaknya sebenarnya sudah mengusulkan formasi dan kebutuhan ASN kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beberapa waktu lalu. Sejauh ini, Sri Mulyani sudah menyetujui usulan lowongan CPNS tersebut.

“Pada saat ini Kementerian PAN-RB sudah memperoleh pertimbangan teknis dari Menteri Keuangan. Pada intinya Menteri Keuangan setuju dengan usulan rencana kebutuhan ASN tahun 2021. Selanjutnya Kementerian PAN-RB sedang menunggu pertimbangan teknis dari BKN,” ungkapnya.

Adapun total usulan kebutuhan ASN yang sudah diusulkan kementeriannya adalah sekitar 1,3 juta orang (jika tidak ada kebijakan lain yang bersifat darurat). Dengan formasi sementara CPNS 2021 sebagai berikut:

A. Sebanyak 1 juta guru PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja/PPPK) melalui skema yang menjadi program Kemendikbud dan khusus untuk pemda.

B. Untuk kebutuhan lainnya di pemda (di luar guru) ditentukan sebesar sekitar 189.000 yang terdiri dari: 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru dan 119.000 CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan (termasuk tenaga kesehatan).

C. Untuk lowongan CPNS instansi pemerintah pusat ditentukan kebutuhan sebesar sekitar 83.000 dengan presentase 50% PPPK dan 50% CPNS.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com