VIDEO: Ngeri, mesin pesawat Boeing terbakar, puingnya berjatuhan lukai orang di jalan

2 mins read

ZONAUTARA.com – Sedikitnya dua orang dilaporkan terluka setelah mesin jet sebuah pesawat kargo Boeing terbakar tak lama setelah lepas landas di Belanda.

Puing-puing dari jet 747-400 jatuh di kota Meerssen di Belanda pada Minggu sore saat mengalami masalah tak lama setelah lepas landas dari bandara Maastricht.

Seorang wanita tua mengalami cedera kepala setelah puing mesin jatuh, sementara seorang anak kecil terbakar tangannya saat mengambil kepingan logam yang masih membara.

Jet 747 itu menggunakan mesin Pratt & Whitney PW4000, versi yang lebih kecil dari yang sebelumnya meledak di Denver.

Inspektur keamanan Belanda mengatakan pesawat 747 itu milik Longtail Aviation yang berbasis di Bermuda dan lepas landas dari bandara Maastricht sekitar pukul 16.10 pada hari Minggu.

Baca Pula:  Kotak Hitam Lion Air PK-LQP Ditemukan, Butuh 1 Tahun Untuk Analisis

Pesawat itu menuju bandara JFK New York dan akan melewati wilayah udara Inggris, melewati Sheffield dan Manchester di sepanjang rutenya.

Masalah muncul setelah beberapa saat setelah lepas landas, salah satu mesin jetnya terbakar. Insiden itu sempat terekam dengan kamera.

Meerssen, tempat sebagian besar puing ditemukan, terletak hanya dua mil dari ujung landasan di Maastricht.

Pesawat berusia 30 tahun itu dialihkan ke bandara Liege, di negara tetangga Belgia, tetapi sempat beberapa waktu berputar-putar di atas Ardennes pada ketinggian 10.000 kaki untuk menghabiskan bahan bakar agar berat pesawat berkurang sebelum mendarat.

Foto dari Meerssen menunjukkan bilah turbin mesin menghujam di bagian atas mobil, sementara potongan lainnya berserakan di trotoar.

Two people have been injured in the Netherlands after the engine of a Boeing 747-400 cargo jet burst into flames, raining debris down on the town of Meerssen (pictured, a turbine blade stuck in the roof of a car)

Beberapa rumah juga rusak akibat pecahan mesin yang jatuh, laporan dari penyiar nasional Belanda NOS.

Baca Pula:  Manado direndam Banjir, ini lokasi yang terdampak

Seorang juru bicara keselamatan udara Belanda mengatakan tampaknya api muncul di salah satu dari empat mesin jet tak lama setelah lepas landas.

Sementara penyebab pasti kerusakan tidak diketahui, juru bicara itu mengatakan tampaknya mesin telah menyedot benda yang menyebabkan bilah turbin patah.

Dewan Keamanan Udara Belanda telah memulai penyelidikan atas kebakaran tersebut, tetapi tidak mau berkomentar lebih lanjut. Boeing merujuk semua pertanyaan kepada penyelidik.

Kecelakaan itu terjadi hanya sehari setelah jet Boeing 777 lainnya mengalami ledakan di salah satu mesinnya di langit di atas Colorado.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com