Mengenal 10 jenis pestisida pembasmi hama pada tanaman sesuai fungsinya

  • Share

ZONAUTARA.com – Sejak pandemi melanda, banyak masyarakat yang mulai mencoba kegiatan baru di rumah, salah satunya adalah berkebun.

Berkebun merupakan kegiatan yang bermanfaat selain mengurangi pengeluaran belanja, juga baik bagi kesehatan fisik, bahkan bagi pikiran, dan jiwa.

Namun berkebun juga memiliki tantangan tersendiri seperti menghadapi serangan hama pada tanaman. Tapi tidak usah khawatir, berikut macam-macam jenis pestisida untuk mencegah berbagai macam hama sesuai jenis hama penganggu tanaman:

1. Akarisida

Akarisida atau juga disebut Mitesida ini berfungsi untuk membunuh kutu atau tungau pada tanaman, biasa digunakan pada tanaman cabai, jeruk, teh, dan bunga anggrek.

2. Algasida

Pestisida jenis ini digunakan untuk mencegah dan membunuh tanaman penganggu berupa alga yang dapat menyebabkan penyakit jamur yang biasa menyerang bagian akar tanaman.

Baca Pula:  Panic buying saat Corona, berikut pemicunya

3. Bakterisida

Seperti namanya, pestisida jenis ini untuk membunuh dan mengendalikan bakteri yang mengakibatkan tanaman layu, bercak pada daun, dan tanaman membusuk.

4. Alvisida

Pestisida ini biasanya digunakan untuk membunuh dan menolak burung, biasanya dipakai untuk tanaman padi saat mendekati masa panen.

5. Herbisida

Pestisida ini sering digunakan oleh petani untuk membunuh dan mencegah gulma (rumput liar). Penggunaan pestisida ini dilakukan secara rutin dalam waktu tertentu.

6. Insektisida

Fungsi Insektisida adalah untuk membunuh dan mencegah hama serangga yang merusak dan mengganggu kualitas tanaman. Pestisida jenis ini sangat terkenal di kalangan petani.

7. Fungisida

Selain bakteri, jamur adalah salah satu hama yang dapat mengancam kualitas tanaman, pestisida jenis ini dapat diandalkan untuk membantu membunuh dan mencegah timbulnya jamur pada tanaman.

Baca Pula:  Berkebun sebagai upaya self healing

8. Nematisida dan Ovisida

Nematoda (cacing gelang) adalah salah satu hama yang sangat meresahkan bagi petani. Untuk mencegah hama jenis ini biasanya petani menggunakan Nematisida, dan Ovisida untuk membunuh telur dari hama penyakit seperti keong dan siput.

9. Mollukisida

Mollukisida adalah pestisida yang digunakan untuk membunuh dan mencegah populasi siput di lahan pertanian.

10. Rodentisida dan Termisida

Rodentisida digunakan untuk membunuh tikus yang termasuk hama perusak tanaman, sementara Termisida berfungsi mencegah serangga pelubang kayu seperti rayap.

Itulah jenis-jenis pestisida yang dapat digunakan untuk membasmi hama pada tanaman sesuai jenisnya. Perlu diperhatikan juga untuk penggunaan pestisida sebaiknya tidak berlebihan karena akan berpengaruh pada pencemaran lingkungan pertanian, keracunan pada hewan bahkan keracunan pada manusia.



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com