bar-merah

Gunakan tips ini agar kuota internet hemat saat sedang Zoom online

meeting online
Ilustrasi dari Freepik.com

ZONAUTARA.com – Pandemi Covid-19 telah banyak merubah kebiasaan penduduk dunia. Salah satu yang sangat terasa berubah adalah pertemuan virtual atau meeting online.

Jika dulu orang masih merasa canggung melakukan pertemuan virtual, kini meeting online sudah menjadi salah satu kebiasaan yang sangat sering dilakukan.

Berbagai pertemuan mulai dari sekadar pertemuan keluarga, pertemuan antar teman, rapat kecil, rapat perusahaan besar, webinar bahkan sampai acara wisuda pun sudah dilakukan secara virtual.

Pandemi yang memaksa pembelajaran di sekolah beralih ke online juga membuat pertemuan virtual semakin dikenal secara luas.

Alhasil, berbagai aplikasi pertemuan online menjadi laku. Dua aplikasi yang paling populer digunakan untuk menggelar pertemuan virtual saat ini adalah Google Meet dan Zoom.

Baik Google Meet maupun Zoom, keduanya mensyaratkan pengguna harus terkoneksi dengan internet. Jika tidak sedang menggunakan koneksi via Wifi, maka kuota internet kerap menjadi persoalan.

Berikut tips yang layak anda lakukan jika ingin menghemat kuota internet saat sedang melakukan pertemuan melalui aplikasi Zoom.

Jangan pakai kualitas video HD

Agar kuota internet saat sedang Zoom online, sebaiknya pengguna tidak memilih kualitas video HD.

Anda bisa melakukan pengaturan video di menu ‘Settings’. Kemudian pilih opsi ‘Video’, lalu di bagian ‘My Video’ pilih opsi ‘Disable HD’.

Pengaturan centang tersebut berfungsi untuk memastikan bahwa akun Zoom tidak akan secara otomatis menampilkan kualitas video HD.

Matikan mic saat tak bicara

Matikan mic jika sedang tidak digunakan selama pertemuan berlangsung.

Caranya bisa dengan menekan logo microphone yang berada dipojok kiri layar. Atau kita juga bisa mengaturnya secara otomatis untuk mematikan mic setiap kali akan masuk meeting room .

Gunakan fitur share screen saat perlu

Jika fitur ini tak terlalu dibutuhkan maka jangan diterapkan saat sedang belajar online.

Jika fitur ini selalu digunakan dari awal sampai akhir pertemuan maka kuota kita akan jebol lebih cepat. Gunakan fitur ini sewajarnya saja.

Matikan kamera saat tak dibutuhkan

Saat sedang tak diwajibkan mengaktifkan kamera, maka sebaiknya matikan saja. Dengan begitu, kuota internet akan irit.

Cara mematikan kamera Zoom bisa dengan mengetuk logo kamera yang muncul di layar smartphone.

Tapi juga bisa dengan cara mematikan ketika akan masuk meeting room dengan memilih ‘Turn Off Camera’.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com