TIMELINE: perjalanan penting Partai Demokrat

  • Share
sejarah partai demokrat

ZONAUTARA.comPartai Demokrat (PD) merupakan salah satu partai besar di Indonesia. Partai yang didirikan untuk mengusung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Presiden tersebut pernah sekali memenangi Pemilihan Umum yakni pada Pemilu 2009.

Waktu itu PD meraih kursi 150 dari 560 kursi dengan perolehan suara sebesar 20,40 persen mengungguli Golkar, PDIP, PKS dan PAN.

Sebelumnya pada Pemilu 2009, PD hanya mampu meraih 7,45% suara dan berada di urutan kelima, dibawah Golkar, PDIP, PKB dan PPP.

Baca Pula:  Panic buying saat Corona, berikut pemicunya

Sukses PD pada Pemilu 2009, tidak bertahan pada Pemilu 2014 yang hanya meraih 10,19 persen suara dibawah PDIP, Golkar dan Gerindra.

Pada Pemilu 2019 lalu, perolehan suara PD semakin merosot ke angka 7,77% dibawah PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, Nasdem dan PKS.

Namun dalam sejarah perjalanan PD selama 20 tahun, partai ini telah dua kali membawa SBY menjadi Presiden RI pada Pemilu 2004 dan Pemilu 2009.

Kini, PD sedang mengalami guncangan setelah beberapa kadernya menggelar Kongres Luar Biasa dan menetapkan Moeldoko sebagai Ketua Umum.

Baca Pula:  10 obat alami kembalikan indra penciuman saat corona

Berikut beberapa timeline penting Partai Demokrat.



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com