Varian Corona B117 sudah ditemukan di 4 provinsi lainnya, tidak terkait kasus di Jabar

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU
Ilustrasi dari Freepik.com



ZONAUTARA.com – Kasus terkonfirmasi varian virus Corona B117 di Indonesia semakin bertambah. Terkini kasus positif Corona B117 ini dilaporkan ditemukan di empat provinsi.

Mengutip penjelasan Direktur Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular dr Siti Nadi Tarmizi dari Detikcom, disebutkan bahwa keempat provinsi tersebut adalah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Dokter Siti Nadi Tarmizi menjelaskan bahwa keempat kasus varian Inggris Corona B117 itu hanya mengalami gejala Covid-19 ringan hingga sedang.

“Keempat kasus ini mengalami gejala ringan hingga sedang dan hanya melakukan sitasi secara terpusat di tempat-tempat isolasi,” beber dr Nadia dalam konferensi pers Kemenkes RI Selasa (8/3/2021).

Salah satu di antaranya ada yang perlu dirawat di rumah sakit namun gejala COVID-19 yang dialami kasus Corona B117 tersebut juga cukup ringan. Menurut dr Nadia, kondisi keempat kasus Corona B117 ini sudah dinyatakan sembuh dan negatif COVID-19.

“Keempat kasus dengan varian Corona B117 ini saat ini sudah sembuh dan sudah menjalani pengobatan dan tatalaksana karantina pada saat awal PCR mereka dinyatakan positif,” beber Nadia.

Sekali lagi, dr Nadia menegaskan tidak ada bukti kalau varian Corona B117 lebih ganas dibandingkan dengan varian yang mendominasi sebelumnya. Begitu pula pada efektivitas soal vaksin Corona berdasarkan laporan WHO.

“Dari penelitian di negara lain varian ini disebut lebih cepat menular namun tidak lebih mematikan,” pungkasnya.

Adapun sebaran empat kasus Corona B117 itu sebagai berikut:

Satu kasus di Palembang, Sumatera Selatan, pada 11 Januari 2021
Satu kasus di Kalimantan Selatan pada 6 Januari 2021
Satu kasus di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 12 Februari
Satu kasus di Medan, Sumatera Utara, pada 28 Januari

Tidak terkait kasus di Jabar

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap bahwa 4 kasus tambahan infeksi varian Corona B117 itu tidak terkait dengan 2 kasus sebelumnya yang berasal dari Karawang, Jawa Barat.

“Untuk varian baru yang dari London memang di luar dari yang dua yang sudah kita identifikasi. Hasil kerja sama lab antara Kemenkes dengan Kemenristek/BRIN sudah menemukan empat lagi yang terkonfirmasi,” kata Menkes Budi dalam konferensi pers, Senin (8/3/2021).

Menkes Budi pun mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan contact tracing kepada keempat kasus tersebut.

“Tindak lanjutnya sekarang kita sedang melakukan survailans terhadap kontak eratnya mereka dan sedang kita kejar agar bisa segera dites dan di-genom sequencing,” pungkasnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com