bar-merah

Pengurus AMSI Sulut periode 2021-2024 dilantik, langsung siapkan sejumlah program

AMSI Sulut
Rakerwil AMSI Sulut, Sabtu (13/3/2021). / Foto: AMSI Sulut

ZONAUTARA.com – Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Sulawesi Utara dilantik secara virtual oleh Sekjen AMSI Wahyu Dhyatmika, dari Jakarta, Sabtu (13/3/2021). Sejumlah pengurus AMSI Sulut yang dilantik berada di De Corlano Manado yang melanjutkan kegiatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil).

Usai melantik, Bli Komang, panggilan akrab Sekjen AMSI mengingatkan AMSI Wilayah Sulut dalam merumuskan berbagai program ke depan tetap berpatokan pada sejumlah hal mendasar yang sedang dilakukan AMSI yakni keberlangsungan media (media sustainability) di tengah wabah Covid-19.

“Kita tahu media siber sekarang menghadapi tantangan yang tidak mudah, karena secara bisnis terpukul oleh pandemi. Media kini tengah berupaya memperpanjang nafas untuk bertahan sembari berharap bencana ini segera berlalu, dan ekonomi kembali pulih,” ujarnya.

Kemudian terciptanya industri pers yang sehat dan industri digital yang fair. Kemudian menyehatan dunia digital dari sampah hoaks yang beredar, dan menyuguhkan informasi yang terverifikasi kepada khayalak ramai.

“Industri media siber di Indonesia memerlukan literasi bagi para pengelola media, pelaku bisnis, serta publik, di tengah maraknya penyedia konten. Selain itu, diperlukan regulasi yang menjadi aturan main di satu sisi, tetapi tidak menghambat perkembangan industri media siber di sisi yang lain,” ujar Komang yang juga Pemred Majalah TEMPO.

Setelah AMSI resmi menjadi konstituen Dewan Pers, tentu memerlukan pembenahan dan penguatan organisasi, serta membantu pengurus wilayah membangun ekosistem industri digital di tingkat lokal, demi terciptanya industri media yang sehat dan berkelanjutan.

“Hal-hal itulah yang perlu dilakukan AMSI Wilayah Sulut dalam melanjutkan program penguatan organisasi dan bersumbangsih bagi pembenahan ekosistem media dan digital Indonesia,” katanya.

Sementara itu, AMSI Sulut langsung menyiapkan sejumlah program baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk tiga tahun ke depan. Program yang disiapkan Bidang organisasi diantaranya penguatan internal organisasi, berupa penyiapan berbagai syarat pendaftaran administrasi ke Dewan Pers. Lalu penguatan media khususnya bisnis dan data base (portofolio media anggota AMSI Sulut) serta uji kompetensi bagi jurnalis anggota AMSI Sulut.

Sedangkan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan diantaranya mendorong pengelolaan media yang profesional berbasis digital sesuai dengan perkembangan teknologi. Mendorong terbentuknya desk litbang sebagai inkubator inovasi pengelolaan media siber. Mendorong pengembangan revenue media anggota AMSI Sulut dengan pengembangan konten.

Bidang Usaha dan Dana telah merumuskan program berupa rencana pendirian koperasi, memanfaatkan Sekretariat AMSI Sulut, pelatihan eksternal (pemerintah dan swasta) yang bisa memberikan pemasukan ke organisasi dan lain-lain.

“Diharapkan program ini bertujuan untuk saling menguatkan sesama anggota AMSI Sulut, sama-sama maju dan berkembang,” ujar Ketua AMSI Sulut Agustinus Hari.

Tugas lain pengurus adalah segera membangun sekretariat AMSI Sulut yang permanen, setelah sebelumnya beberapa waktu lalu telah membeli sebidang tanah.

“Dalam waktu dekat ini sekretariat akan segera dibangun, kemudian menyiapkan staf membantu pengurus,” sambung Sekretaris AMSI Sulut Supardi Bado. (*)

KOMPOSISI PENGURUS AMSI SULUT PERIODE 2021-2024

Ketua : Agustinus Hari (barta1.com)
Sekretaris : Supardi Bado (sulawesion.com)
Bendahara : Finda Muhtar (beritamanado.com)

Bidang Organisasi dan Keanggotaan:
Fahmi Gobel (Ketua/mediatotabuan.co)
Syarief Litty (kabarpost.com)
Asrar Yusuf (beritakawanua.com)

Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan:
Ronny Adolof Buol (Ketua/zonautara.com)
Ady Putong (barta1.com)
Aldy Ponge (manado.tribunnews.com)
Renza Bambuena (kroniktotabuan.com)

Bidang Dana dan Usaha:
Zulkifly Madina (Ketua/kabarmanado.com)
Gusman Laeta (sulawesion.com)
Jainudin Yambat (satuBMR.com)
Matox Kadulla (portalmongondow.com)

Badan Pertimbangan dan Pengawasan Organisasi:
-Yosep E Ikanubun (Ketua/detikmanado.com)
-Ishak Kusrant (teropongBMR.com)
-Donny Turang (publikreport.com)

Majelis Etik:
-Hanny Sumakul (Ketua/beritamanado.com)
-Jumadi Mapangganro (tribun manado)
-Ferry Daud Liando (dosen Unsrat)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com