ZONAUTARA.com – Kebutuhan ruang penyimpanan file digital saat ini semakin besarnya, terutama untuk game PC dan konsul. Begitu juga pekerjaan-pekerjaan video dengan resolusi tinggi, kini butuh ruang penyimpanan yang lebih besar.

Menanggapi kebutuhan media penyimpanan yang besar itu, Seagate salah satu perusahaan terkemuka di bidang stroge berencana memproduksi hard drive berkapasitas super besar.

Perusahaan mengatakan jika semuanya berjalan sesuai rencana, mereka terlebih dahulu akan merilis hard drive ukuran 100TB. Kemudian ke depannya perusahaan berharap dapat menembus batas 120TB pada tahun 2030 dan ke depannya, dilansir Detik.com, Sabtu (20/3/2021).

Seagate memprediksi bahwa ia akan mampu merilis lebih dari 30TB HDD pada tahun 2023, lebih dari 40TB pada tahun 2025 dan 50TB HDD pada tahun 2026. Mereka menjelaskan bahwa sementara akan menggunakan Bit Patterned Media (BPM) untuk beralih dari penyimpanan 2,6TB per inci persegi menjadi delapan TB per inci persegi.

Kemungkinan, harga yang ditawarkan akan sedikit mahal dengan sistem penyimpanan HDD yang kira-kira berjumlah lebih dari satu zetabyte. Sebagai referensi, beberapa hard drive terbesar dan termahal saat ini di Newegg hanya berukuran 18TB dan memiliki harga sekitar USD 400 (5,7 juta rupiah).

Seagate mengatakan, bahwa tercapainya rencana ini akan bergantung pada kemajuannya dalam meningkatkan teknologi Heat-Assisted Magnetic Recording, atau dikenal sebagai teknologi HAMR.

Teknologi ini nantinya yang memungkinkan bit data pada hard drive disk dikemas lebih rapat namun tetap stabil secara magnetis.

Seagate’s senior vice president, Jeff Fochtman, mengatakan tentang kebutuhan mendesak untuk bergerak maju dari teknologi Perpendicular Magnetic Recording (PMR)yang di gunakan hard drive saat ini.

Fochtman menjelaskan bahwa teknologi PMR telah mencapai fungsi maksimal dan kapasitas teknologinya hanya meningkat satu ke dua TB pada satu waktu. Namun bila menggunakan HAMR, dirinya memperkirakan peningkatan dapat terjadi antara empat dan 10TB pada satu waktu.

Sebuah kemajuan yang menarik, namun apakah Seagate nantinya dapat bersaing dengan Solid State Drive (SSD)?

| Detik.com




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id