bar-merah

Nyeri otot salah satu efek vaksin astrazeneca yang jadi temuan Komnas KIPI

vaksin astrazeneca
Ilustrasi dari Freepik.com

ZONAUTARA.com – Banyak masyarakat yang menerima suntikan vaksin Covid-19 AstraZeneca mengeluhkan beberapa efek yang dirasakan usai divaksinasi.

Beberapa efek yang dikeluhkan oleh masyarakat itu menjadi temuan dalam laporan Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Ketua Komnas KIPI Prof Hindra Irawan Satari mengatakan bahwa ada lima efek yang paling banyak dirasakan oleh masyarakat usai disuntik vaksin AstraZeneca.

“Jadi laporan yang tertinggi yang 5 besar itu sakit kepala, mual, nyeri otot, pusing, dan muntah,” jelasnya, dalam konferensi pers, Minggu (4/4/2021).

Prof Hindra menyebutkan, efek setelah vaksinasi tersebut tidak berlangsung lama. Dalam waktu 1 sampai 2 hari akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun ada juga dengan pengobatan.

Selain itu, Prof Hindra menambahkan, pembekuan darah yang terjadi yang dikaitkan dengan vaksin Astrazeneca yang sebelumnya dikhawatirkan oleh masyarakat, di Indonesia belum ditemukan.

“Di Indonesia juga belum cukup data, juga tentang blood clot. Namun, laporan dari vaksin ini belum ada laporan tentang blood clot ini,” tambahnya.

“Mudah-mudahan tidak ada, tapi kami mempunyai tugas juga dari WHO sebetulnya untuk melaksanakan surveilans kejadian ikutan dengan perhatian khusus, itu dilakukan di 14 rumah sakit di seluruh Indonesia,” tambahnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com