260 ribu kasus baru dalam sehari, India hadapi gelombang kedua Covid-19 yang mengerikan

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Pasien di New Delhi harus berbagi tempat tidur karena rumah sakit penuh. (Foto: Danish Siddiqui/File Photo/Reuters dari Twitter Inquirer)



ZONAUTARA.com – India kini senang menghadapi gelombang kedua penularan Covid-19 yang lebih mengerikan daripada penularan sebelumnya. Dikutip dari situs Worldometers, pada Sabtu (17/4/2021), dalam sehari itu saja ada 260.778 kasus baru virus corona yang dilaporkan di India.

Kini total keseluruhan orang yang terinfeksi Covid-19 di India sudah mencapai 14.782.461, dengan kasus aktif sebanyak 1.800.1999. Angka kematian akibat Covid-19 di India juga sangat tinggi, dengan total 177.168 orang meninggal karena corona, dimana 1.496 orang meninggal dilaporkan pada Sabtu kemarin.

Pakar India menyebut tampaknya varian baru Corona menular lebih cepat, saat kebanyakan warga India juga tak lagi mengkhawatirkan bahaya COVID-19. Bagaimana tidak, ratusan orang nekat menggelar pesta pernikahan besar-besaran selama beberapa bulan terakhir.

Disusul kebudayaan mandi bersama para warga soal ritual menghapus dosa. Di sisi lain, warga India juga tampak santai beraktivitas tanpa menggunakan masker dan kerap berkerumun di fasilitas umum seperti pasar.

Belum lagi soal demonstrasi politik dalam pemilihan yang sedang berlangsung di India, tepatnya di Tamil Nadu, yang melibatkan ribuan orang. Pakar melihat, gelombang kedua Corona India yang tengah dihadapi justru lebih parah dari gelombang pertama COVID-19.

“Orang-orang menjadi sangat terlena, bertindak seolah-olah virus itu telah hilang, yang tidak masuk akal,” kata Senthil, ahli urologi di Coimbatore, Tamil Nadu, dikutip dari The Guardian.

zonautara.com
Tangkapan layar dari Worldometers.info

“Sekarang kami mengalami gelombang infeksi virus Corona yang jauh lebih buruk daripada yang pertama dan skala penyebarannya semakin buruk. Di Tamil Nadu, hanya dibutuhkan waktu 15 hari untuk mencapai tingkat kasus yang sama di rumah sakit yang merupakan puncaknya terakhir kali. Di kota-kota besar di negara bagian, rumah sakit sudah hampir penuh.”

India terus mencetak rekor harian setiap harinya, melampaui Brasil yang juga tengah berjuang melawan gelombang baru Corona.

Mayat bertumpuk di luar rumah sakit

Bak mimpi buruk, selama akhir pekan mayat-mayat tampak bertumpuk di luar rumah sakit pemerintah India, Raipur. Sebab, begitu banyak pasien Corona yang tak mampu bertahan dan meninggal berbarengan akibat Corona, hingga tak mungkin dikremasi secara cepat.

Di Surat, negara India bagian Gujarat, krematorium dipenuhi oleh korban virus Corona sehingga banyak keluarga mulai membakar jenazah mereka di tempat terbuka.

“Kasus tsunami (covid-19) yang parah ini telah membanjiri infrastruktur perawatan kesehatan di negara bagian itu,” kata Dr Shashank Joshi, anggota gugus tugas Mumbai COVID-19 India.

“Kali ini kami melihat orang-orang yang lebih muda antara 20 dan 40 mengalami dampak serius dan bahkan anak-anak sekarang dirawat di rumah sakit dengan gejala yang parah. Kapasitas sistem perawatan kesehatan untuk bertahan semakin menyusut,” jelasnya.

Kehabisan pasokan oksigen

Sejumlah rumah sakit kesulitan mendapat pasokan oksigen yang akhirnya membuat banyak nyawa tak terselamatkan. Diceritakan Kshitij Thakur, seorang politisi lokal di kotamadya Vasai-Virar di Maharashtra, ia membuat permohonan publik yang putus asa untuk membantu mengatasi kekurangan oksigen ‘akut’ di rumah sakit pemerintah setempat.

“Pasokan hanya dapat berjalan selama tiga jam,” kata Thakur dalam tweet yang ditujukan kepada pemerintah pusat dan perdana menteri Narendra Modi.

“Ada lebih dari 7.000 kasus aktif di daerah tersebut dan lebih dari 3.000 orang membutuhkan suplai oksigen setiap hari.”

Sempat mengaku mencapai herd immunity

Januari lalu, Menteri Kesehatan India Harsh Vardhan menyebut negaranya berhasil mencapai herd immunity. Akibatnya, ada beberapa perayaan dan pertemuan sosial hingga agama termasuk festival Hindu di Kumbh Mela yang melibatkan lebih dari satu juta orang berkumpul diijinkan digelar.

Sebagian besar pakar meyakini munculnya gelombang kedua COVID-19 India akibat rasa puas diri usai kasus Corona mereka sempat menurun drastis. Selain itu, tsunami kasus COVID-19 juga disebut akibat varian baru Corona di India yang memiliki tingkat penularan COVID-19 sangat tinggi.

Gautam Menon, profesor fisika dan biologi di Universitas Ashoka menjelaskan varian Coron India B.1.617 memiliki dua mutasi dengan peningkatan penularan tinggi dan bisa mengelabui kekebalan antibodi pasca vaksinasi.

zonautara.com
Foto dari Twitter @MothershipSG

Ia melihat data kasus COVID-19 di Maharashtra, wilayah India yang paling parah terkena dampak COVID-19, di mana varian ini ditemukan bertanggung jawab atas 20 persen kasus di sana. Pemerintah juga dituding lambat dalam melakukan whole genome sequencing untuk mendeteksi kemungkinan varian ‘domestik’ baru yang lebih ganas daripada Brasil dan Inggris.

“Namun, program sekuensing yang lebih kuat seharusnya bertindak sebagai sistem peringatan dini, mengambil varian baru yang menjadi perhatian pada tahap sebelumnya. Ini akan membantu memperlambat, jika tidak benar-benar menghentikan, penyebaran,” tutur Menon.

| Detik.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com