Hindari jadi miskin seumur hidup, lakukan beberapa hal ini

  • Share
kemiskinan
Ilustrasi dari Freepik.com

ZONAUTARA.com – Semua orang jika diminta untuk menjawab dengan jujur, pasti akan memilih untuk tidak jatuh miskin. Siapa sih yang ingin hidup dalam kemiskinan terus menerus?

Bahkan seluruh pemerintahan di dunia berupaya agar rakyatnya terhindar dari kemiskinan. Berbagai upaya pun dilakukan agar rakyatnya dapat hidup selayaknya.

Tanpa perlu menunggu upaya pemerintah, sebenarnya kita bisa melakukan banyak hal agar terhindari dari kemiskinan.

Kehidupan akan menjadi lebih baik jika kamu secara pribadi mampu menata hidupmu dan mengisi kehidupanmu dengan hal-hal yang berguna dan dapat membuatmu hidupmu lebih berkualitas.

Namun tentang hal ini kemungkinan kamu atau siapapun sudah mengerti, memiliki tatanan hidup yang baik akan membawa kamu pada kehidupan yang baik pula.

Tapi bagaimana dengan sikap yang dapat membuat kamu menjadi seorang yang gagal secara tujuan hidup, khususnya disini dari sisi finansial.

Kegagalan secara finansial ini adalah mimpi buruk yang harus kamu hindari dalam hidupmu. Jangan sampai di masa depan nanti, kamu barulah menyesal dan meratapi segala sesuatu yang sudah terlambat.

Untuk itu di bawah ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang apa saja yang dapat membuatmu miskin seumur hidup atau gagal secara finansial.

Memiliki perencanaan akan masa depan

Tipe manusia seperti ini biasanya hanya memikirkan hidup saat ini tapi tidak memikirkan efek ke depannya. Inilah yang perlu kamu sadari, bahwa keputusan kamu hari ini ditentukan siapa kamu nanti.

Untuk itu, kamu memerlukan sebuah perencanaan bagi hal ini, agar setidaknya kamu mengetahui langkah atau hal apa yang penting dan harus dilakukan dan yang tidak.

Hindari berhutang

Kebiasaan ini harus segera kamu hilangkan jika ingin hidup sukses secara finansial. Stop berhutang, kecuali memang kamu berada dalam keadaan yang memaksamu melakukan itu demi hal-hal yang penting.

Jangan sekali-kali berhutang hanya untuk sebuah keinginan membeli barang-barang mahal atas dasar gengsi dan memetingkan gaya. Ingat, kamu akan terlihat lebih oke jika hidupmu jauh dari yang namanya hutang sekalipun tanpa bergaya atau memiliki barang mahal.

zonautara.com
Ilustrasi (rawpixel.com)

Jangan paksa terlihat kaya

Jangan sekali-kali kamu menganut prinsip ini dalam kehidupanmu, lebih baik terlihat apa adanya tapi kamu mampu mengelola keuanganmu dengan bijak dan teratur. Prioritaskan kebutuhan dari pada gaya hidup, gaji kamu yang tidak seberapa jika dipaksakan membeli barang-barang mahal akan berdampak buruk untuk kesehatan keuanganmu, dan kamu akan susah nantinya.

Setidaknya jika ingin membeli sesuatu lebih baik kamu belajar untuk menabung, inilah yang akan menyelamatkan kamu dari yang namanya masa depan super miskin.

Buang jauh-jauh rasa malas

Wah sepertinya memang kamu pun sudah mengetahui bahwa hidup malas akan membuat kamu miskin seumur hidup. Pada intinya kehidupan itu harus seimbang, jangan juga terlalu keras bekerja perlunya juga untuk santai.

Sikap malas ini sudah dikategori berlebihan, yang lain melakukan pekerjaannya dengan totalitas kamu malahan gemar dengan penundaan, dan tidak memiliki inisiatif lebih dalam bekerja.

Memiliki mindset yang miskin

Salah satu cara melihat mindset atau pemikiran serta cara pandang hidup kamu masih miskin adalah saat kamu terlalu banyak mengeluh, takut mencoba, lebih banyak menghabiskan waktu untuk rebahan dan lainnya yang tidak membuatmu berkembang.

Intinya kamu menolak segala kesempatan yang ada dan tidak mengeksekusinya untuk hidupmu.

Belajar melakukan investasi

Di jaman seperti saat ini, media belajar bisa kamu dapatkan di mana saja. Jangan membuat hidupmu susah karena kamu lebih mementingkan uang mu untuk habis percuma.

Bukan hanya di bank, tapi investasi itu bisa banyak hal baik secara kemampuan atau skill kamu, benda, apartemen atau apapun itu yang bisa membuat keuangan mu bisa setidaknya selamat di masa depan.

Jangan sok pintar

Ternyata sikap ini juga termasuk dalam kebiasaan yang bisa buat kamu miskin seumur hidup loh!

Kalau kata Bob Sadino, saya dalam menjalani kehidupan harus terus mengosongkan gelas biar saya bisa belajar dan mempelajari sesuatu yang baru dalam hidup ini.

Sekelas pengusaha sukses seperti beliau saja ingin terus belajar, apalagi kamu yang masih belum memiliki uang sebanyak dia. Jadilah pribadi yang ingin terus belajar, dengan begitu kamu akan melihat bahwa hidup ini sebenarnya tentang pembelajaran yang tak henti.

Itulah beberapa hal tentang apa saja yang dapat membuatmu miskin seumur hidup atau gagal secara finansial. Semoga bermanfaat yah!



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com