ZONAUTARA.com – Saat membeli buah di pasar, kita hanya perlu memilih buah dengan kondisi dan kualitas terbaik. Berbeda dengan di supermarket, buah yang kita temui semuanya terlihat bagus. Hanya saja, kita banyak menemukan buah yang telah diberi label. Namun, tahukah kamu jika label tersebut memiliki arti penting.

Dilansir dari pergikuliner.com, label atau stiker yang ada pada buah, merupakan kode PLU (Price Look Up) digital yang berisi tentang informasi penting mengenai buah tersebut. Sehingga penting diketahui artinya sebelum berbelanja.

Berikut arti kode label pada buah yang dirangkung olah Zonautara.com

Label kode 4 digit yang diawali angka 3 atau 4

Jika pada label buah tertera empat digit angka, artinya buah atau sayuran tersebut diproduksi dengan bantuan teknik agronomik, termasuk penggunaan pestisida dan pupuk.

Tetapi jangan panik, karena penggunaan pestisidanya sangat rendah jadi tidak beracun. Namun, buah harus dicuci dengan air sebelum dikonsumsi agar kuman, residu pestisida dan bakteri bisa hilang.

Label kode 5 digit yang diawali angka 8

Buah dengan label kode lima digit dan diawali dengan angka 8 artinya buah tersebut telah mengalami modifikasi genetika dalam proses pertumbuhannya.

Buah seperti melon, pepaya, maupun pisang adalah buah yang tergolong sering dimodifikasi secara genetika. Walau begitu, buah tersebut aman untuk dikonsumsi.

Label kode 5 digit yang diawali angka 9

Bagi pemburu produk organik, label dengan kode 5 digit yang diawali dengan angka 9 mungkin sudah tidak asing.

Sebab, buah ini adalah buah yang diproduksi secara alami, tanpa penggunaan zat kimia, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk tubuh.

Jadi saat membeli buah-buahan di supermarket, anda sebaiknya memerhatikan label yang tertera di kulit luarnya.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id