Ini 10 negara yang masih bebas Covid-19

  • Share
Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.com – India saat ini tengah berjuang dengan gelombang kedua penularan virus corona. Saking tingginya kasus harian di India, sampai-sampai negara itu disebut sedang mengalami “tsunami” Covid-19.

India saat ini menjadi negara kedua tertinggi yang melaporkan kasus Covid-19. Yang pertama tentu saja Amerika Serikat. China yang menjadi asal muasal Covid-19 saat ini sudah bisa mengatasi virus yang menyebabkan pandemi selama setahun belakangan ini.

Indonesia meski sudah menunjukkan trend penurunan pertambahan kasus, namun masih terus berjibaku untuk meredam penularan virus corona.

Namun, tahukah anda bahwa ada 10 negara di dunia yang hingga saat ini masih bebas dari Covid-19?

Meski demikian, hal itu tidak menutup kemungkinan jika beberapa negara mungkin telah memiliki kasus Covid-19 tapi tak terdeteksi.

Dikutip dari laman US News, berikut 10 negara yang tidak melaporkan kasus Covid-19 hingga saat ini.

1. Kepulauan Cook

Kepulauan ini terdiri dari 15 pulau kecil, Kepulauan Cook merupakan negara kepulauan yang terletak di Pasifik Selatan, lebih dari 3.218 kilometer timur laut Selandia Baru.

Negara iini dilaporkan telah mencegah virus keluar dengan karantina wajib saat masuk, dan untuk sementara melarang kapal rekreasi dari pelabuhannya, termasuk kapal pesiar.

2. Kiribati

Kiribati terletak sekitar 3.000 kilometer barat daya Hawaii. Negara ini merupakan satu-satunya negara yang terletak di keempat belahan bumi.

Kiribati telah memberlakukan pembatasan perjalanan untuk memerangi Covid-19 sejak dini. Hal ini dipermudah dengan minimnya maskapai penerbangan yang melakukan perjalanan ke negara terpencil itu.

3. Nauru

Nauru merupakan negara terkecil ketiga di dunia berdasarkan ukuran wilayah. Dengan luas wilayah hanya 13 kilometer persegi, Nauru adalah rumah bagi polulasi terkecil di dunia dengan 10.000 penduduk.

Negara itu dilaporkan telah mencegah virus Corona melalui pembatasan perjalanan serupa ke negara pulau tetangga mereka.

4. Nieu

Nieu terletak sekitar 2.400 kilometer timur laut Selandia Baru dan terikat secara politik. Nieu adalah salah satu pulau karang terbesar di dunia dan pulau paling barat dari Cook Islands, meski berdiri secara independen.

Negara ini telah menerima dukungan dari Selandia Baru untuk membantu memerangi Covid-19.

5. Palau

Palau merupakan sebuah negara kepulauan yang memiliki lebih dari 300 pulau yang terletak sekitar 800 mil barat daya Guam dan 500 mil timur Filipina.

Negara kepulauan ini awalnya menangguhkan semua perjalanan udara komersial untuk mencegah pandemi virus korona dari perbatasannya, kemudian beralih ke model karantina wajib.

6. Kepulauan Pitcairn

Kepulauan Pitcairn merupakan kepulauan yang terdiri dari empat pulau vulkanik yang memiliki kurang dari 50 penduduk penuh waktu dan menjadi yuridiksi nasional yang paling sedikit penduduknya di dunia.

7. Tokelau

Terdiri dari tiga atol karang tropis di Samudra Pasifik Selatan, Tokelau merupakan wilayah yang ketergantungan Selandia Baru.

Dengan populasi sekitar 1.500 penduduk, Tokelau menyebut dirinya negara pertama yang sepenuhnya didukung oleh energi terbarukan.

8. Tonga

Tonga merupakan negara kepulauan dengan sekitar 170 pulau, 36 di antaranya berpenghuni. Negara ini berbatasan dengan Fiji di barat laut, Samoa di utara dan Niue di timur Laut.

Negara tersebut dilaporkan telah menjauhkan virus Corona dari pantainya dengan membatasi kapal pesiar pada tahap awal pandemi, menutup bandara, dan juga memberlakukan penguncian nasional.

9. Turkmenistan

Tidak adanya kasus Covid-19 di Turkmenistan menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan negara itu dalam menangkal pandemi.

Negara itu secara resmi belum melaporkan kasus virus Corona, meskipun para pejabatnya telah membatasi semua perjalanan komersial, acara keagamaan massal, dan mengimbau untuk jaga jarak serta pemakaian masker.

10. Tuvalu

Terletak sekitar setengah jalan antara Hawaii dan Australia, Tuvalu terdiri dari tiga pulau karang dan enam atol dengan luas gabungan sekitar 10 mil persegi serta memiliki populasi lebih dari 10.000 jiwa.

Negara itu telah berhasil menutup perbatasannya untuk bepergian, dengan karantina wajib dalam.


  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com