Tesla tidak akan lagi menerima Bitcoin karena penggunaan bahan bakar fosil

  • Share
Bitcoin
Bitcoin

ZONAUTARA.com – Elon Musk, pemilik, CEO dan arsitek Tesla memposting tweet yang menyebabkan mata uang kripto bitcoin langsung turun 17 persen.

Musk menyebut bahwa Tesla telah menangguhkan pembayaran dari pelanggannya untuk pembeliaan kendaraan Tesla dengan menggunakan mata uang digital nomor satu itu.

Dia mengkhawatirkan soal penggunaan bahan bakar fosil yang digunakan untuk menambang bitcoin.

Sebagaimana diketahui, bitcoin seperti mata uang kripto lainnya ditambang melalui kode-kode komputer, yang memerlukan energi listri yang tinggi.

Musk juga menyebut bahwa Tesla tidak akan menjual bitcoin milik mereka sampai penambangan bitcoin menggunakan energi yang berkelanjutan.

Pada Maret lalu, Musk mengumumkan bahwa pelanggan Tesla bisa membayar pembelian kendaraan listriknya dengan bitcoin. Pengumuman itu memicu harga bitcoin yang menanjak dan transaksi yang tinggi.

Sebelumnya pada Februari, Elon Musk membeli bitcoin seharga 1,5 miliar dollar AS. Transaksi dan pengumuman Musk itu mendorong lonjakan sekitar 20% kenaikan bitcoin di pasar mata uang kripto.

Baca Pula:  Saatnya seorang pemimpin perusahaan bersiap menghadapi era New Normal.

Namun usai tweet pada Rabu (12/5) itu, harga bitcoin langsung merosot 17 persen dan mencapai titik terendah sejak awal Maret, meski saat ini bitcoin mulai pulih di pasar Asia dan diperdagangkan 50.933 dollar AS per koin.

Penangguhan Tesla terhadap bitcoin karena persoalan bahan bakar fosil dipuji analisis pasar Edward Moya.

“Dampak lingkungan dari penambangan bitcoin adalah salah satu risiko terbesar untuk seluruh pasar kripto,” kata Moya. “Selama beberapa bulan terakhir, semua orang mengabaikan berita bahwa bitcoin menggunakan lebih banyak listrik dibanding kebutuhan listrik seluruh negeri di Argentina dan Norwegia.”

Baca Pula:  Lambatnya penentuan tarif cukai rokok, Faisal Basri: lobi rokok luar biasa

Namun reaksi Musk ini dinilai oleh kepala penelitian di broker Pepperstone di Melbourne sebagai pukulan terhadap bitcoin.

“Tesla memiliki citra ramah lingkungan dan bitcoin jelas kebalikan dari itu,” kata Weston.

Musk sendiri sangat percaya pada mata uang digital sambil juga mengadvokasi teknologi bersih.

“Cryptocurrency adalah ide yang bagus di banyak tingkatan dan kami percaya ini memiliki masa depan yang menjanjikan, tetapi ini tidak harus merugikan lingkungan,” kata Musk.

Musk telah menjadi penggemar cryptocurrency lainnya, dia mentweet baru-baru ini yang telah membuat dogecoin mata uang digital yang dulunya tidak dikenal menjadi dicari orang.

Musk mengatakan pada hari Minggu bahwa perusahaan roket komersialnya, SpaceX akan menerima cryptocurrency yang terinspirasi meme sebagai pembayaran untuk meluncurkan misi bulan tahun depan.

  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com