bar-merah

Kapal nelayan Indonesia kecelakaan di Australia, nasib 26 awak kapal belum diketahui

kapal di laut
Ilustrasi (Foto: Unsplash.com / Kayle Kaupanger)

ZONAUTARA.com – Sebuah kapal penangkap ikan dari Indonesia KM Bandar Nelayan 188 dilaporkan mengalami kecelakaan di perairan Samudera Hindia sebelah barat Pert, Australia.

Posisi kapal berada pada 650 mil sebelah barat Pert. Laporan dari Kementerian Luar Negeri menyebut ada 26 awak kapal warga negara Indonesia di atas kapal.

Kemlu segera berkoordinasi dengan KJRI Perth yang kemudian secara intensif berkomunikasi dengan otoritas Australia guna mengupayakan penyelamatan para awak kapal.

Otoritas Australia telah mengerahkan pesawat untuk mencari lokasi kapal. Berdasarkan pantauan, kapal berada dalam posisi setengah tenggelam.

Pesawat telah menerjunkan perahu penyelamat (life raft) dan melakukan komunikasi radio tetapi belum direspons. Hingga saat ini, belum diketahui kondisi dari 26 awak kapal tersebut.

Upaya penyelamatan terus dilakukan dengan mengerahkan aset tambahan berupa Kapal Angkatan Laut Australia HMAS ANZAC dan dua pesawat P8 Poseidon.

Kapal-kapal ikan lain yang berada di sekitar lokasi juga diminta memberikan pertolongan.

“Kemlu dan perwakilan RI di Australia akan terus berkoordinasi dan berkomunikasi intensif dengan otoritas Australia guna melanjutkan upaya penyelamatan 26 ABK WNI kapal KM Bandar Nelayan 188,” demikian keterangan Kemlu. 

| Suara



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com