bar-merah

Kementerian Kominfo akan gelar Gerakan Nasional 1000 Startup ke-2 di Manado, alumni diminta beri evaluasi

Focus Group Discussion yang digelar secara daring.

ZONAUTARA.com – Sukses memberikan solusi digital untuk Sulawesi Utara ditengah pandemi pada tahun 2020, tahun ini program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital akan kembali diadakan untuk kali yang ke 2 dengan berbagai rancangan tahap kegiatan. 

“Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2021 ini ditargetkan dapat membantu ekosistem startup Indonesia menghasilkan 20 startup terbaik yang nantinya dapat diberikan funding setiap tahunnya, serta terciptanya 3 unicorn baru sampai dengan tahun 2025. Memasuki tahun ke-2 dilaksanakannya program ini di regional Manado, maka perlu adanya masukan sebagai evaluasi dari program di tahun sebelumnya,” ujar Regional Officer Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Manado, Lady Giroth, Rabu (30/6/2021).

Dimulai dengan Road to Ignition, Kementerian KOMINFO mengajak para alumni Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Manado 2020  bergabung dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan secara daring pada 28 Juni 2021. Tujuannya untuk mengevaluasi kegiatan di tahun sebelumnya, bahkan bertukar pikiran untuk memberi solusi sebagai amunisi pelaksanaan startup 2021. 

“Diskusi ini berjalan dengan penuh semangat untuk berkolaborasi, karena diikuti oleh alumni baik dari sisi peserta, fasilitator, dan mentor, sehingga kita bisa mendapat masukan tentang apa yang perlu ditingkatkan dalam pelaksanaan program tahun ini.” tambah Steleynes Sagay, yang juga merupakan Regional Officer 1000 Startup Digital Manado.

Diskusi yang dikemas menarik itu, membawa banyak aspirasi baru yang menjadi tinjauan bagi Regional Officer untuk kesuksesan pelaksanaan startup tahun ke 2 ini. FGD yang diikuti oleh mentor dan fasilitator dari tahun 2020, mencuatkan pemikiran kritis dari para alumni.

“Tahun lalu, walaupun di daerah kepulauan, saya melakukan presentasi ide dengan segala keterbatasan. Bahkan di tengah hutan, untuk mendapatkan jaringan telepon. Tapi, dengan bimbingan dan kerjasama, saya bisa terus maju. Sebagai evaluasi, perbanyak sharing tentang proses penyiapan produk digital apalagi untuk daerah Indonesia Timur, sehingga ide yang tercipta, bisa lebih mudah diterapkan dalam bentuk digital bagi peserta yang non-hacker.” ungkap Kenedy Binowo yang merupakan founder SiPenolong, runner up Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Manado 2020

Diakhir sesi, diskusi yang dihadiri oleh para alumni itu bersepakat untuk siap berkolaborasi dan berpartisipasi menyukseskan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2021.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com