Ada 216 kasus baru Covid-19 di Sulut dalam sehari, penularan di level komunitas

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Petugas dari Dinkes Prov. Sulut bersiap mengirim sampel covid-19 untuk diperiksa di laboratorium. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)



ZONAUTARA.com – Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Kamis (8/7/2021) mengumumkan peningkatan yang sangat signifikan kasus baru terkonfirmasi positif virus Corona di Sulut.

Berdasarkan data yang diupdate oleh Satgas, terdapat 216 kasus baru Covid-19 yang tersebar di sejumlah daerah di Sulut.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, Steaven Dandel menjelaskan bahwa lompatan kasus baru di Sulut ini sangat tajam. Rata-rata trend pertambahan kasus harian sudah di atas angka 100.

Menurut Dandel, penyebaran kasus semakin merata di beberapa kabupaten/kota dan tidak lagi hanya soal cluster kasus, tetapi secara epidemiology yang terjadi saat ini adalah penularan di level komunitas.

“Ini berarti kemanapun kita pergi dengan siapapun kita bertemu, maka kemungkinan keterpaparan terhadap virus SARS Cov-2 semakin tinggi,” jelas Dandel.

Dandel mengingatkan kembali, sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Sulut No. 21.4150 tahun 2021 tentang Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19 di Sulut, masyarakat harus memakai masker kemanapun bepergian.

“Bahkan ketika kita berada di rumah dan terdapat anggota keluarga menunjukkan gejala flu berupa panas, batuk dan pilek. Sedapat mungkin memakai masker dua lapis dengan mengkombinasikan masker medis dan masker kain,” imbau Dandel.

Imbauan lainnya adalah tidak lagi menghadiri pertemuan di ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang tidak baik, serta sedapat mungkin menghindari kerumunan, termasuk dalam kegiatan vaksinasi masal.

“Kegiatan vaksinasi masal akan diatur untuk meminimalkan terjadinya kerumunan,” ujar Dandel.

Adapun penambahan 216 kasus baru ini membuat total akumulatif temuan kasus positif Covid-19 di Sulut menjadi 17.117 kasus, dimana 15.516 pasien sudah sembuh dan 563 orang tutup usia karena Covid-19.

Kasus aktif per Kamis (8/7) ada sebanyak 1.038 pasien, bertambah 159 kasus aktif.

Berikut rincian penambahan kasus baru Covid-19 pada Kamis:

  • Manado bertambah 63 kasus baru
  • Bitung bertambah 34 kasus baru
  • Tomohon bertambah 26 kasus baru
  • Minahasa bertambah 16 kasus baru
  • Minahasa Selatan bertambah 20 kasus baru
  • Minahasa Utara bertambah 36 kasus baru
  • Kotamobagu bertambah 9 kasus baru
  • Bolaang Mongondow bertambah 2 kasus baru
  • Bolaang Mongondow Timur bertambah 9 kasus baru
  • Luar wilayah ada 1 kasus baru


Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
1 Comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com