bar-merah

Google Meet tidak lagi menggratiskan layanannya

Google Meet
Sumber foto dari Business Insider

ZONAUTARA.com – Layanan Google Meet yang telah dihadirkan secara gratis selama pandemi Covid-19 akan ditiadakan. Benefit gratis ini tidak lagi berlaku seperti sebelumnya.

Google Meet pertama kali memberikan layanan gratisnya sejak Maret 2020, saat awal pandemi meledak di seluruh dunia. Google berencana menghentikan akses gratisnya hingga 30 September 2020, namun ditunda dengan alasan membantu pengguna tetap bisa terkoneksi di masa liburan.

Selanjutnya, Google kembali memperpanjang benefit layanan gratisnya hingga Maret 2021. Kemudian diperpanjang lagi hingga Juni 2021.

Hingga saat ini, belum ada pemberitahuan perpanjangan akses gratis layanan dari Google Meet tersebut.

Mulanya, akses Google Meet secara gratis dapat dinikmati masyarakat dengan fitur maksimal 100 peserta tanpa dibatasi waktu akses.

Saat ini, Google Meet terbatas hanya menjadi 60 menit, pada menit ke 55 peserta akan mendapat pemberitahuan dan penawaran upgrade ke fitur premium.

Dikutip dari 9to5Google, Selasa (13/7/2021) pengguna Gmail yang ingin mengakses Google Meet secara gratis sekarang hanya bisa melakukan panggilan video atau rapat online dengan tiga orang atau lebih selama 60 menit. Jumlah partisipan yang boleh bergabung tidak berubah, tetap 100.

Upgrade yang dimaksudkan adalah dengan berlangganan layanan, biaya langganan ini berlaku di 5 negara sebesar USD 9,99 per bulan. Dengan begitu, pengguna dapat kembali merasakan fitur panggilan video tanpa batas seperti sedia kala.

Jika enggan mengeluarkan biaya, pengguna dapat mengakalinya dengan membuat link rooms baru setiap 60 menit untuk melanjutkan pertemuan.

Kendati demikian, fitur one on one atau panggilan yang hanya terdiri dari dua partisipan tetap dapat mengakses semua fitur secara gratis.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com