bar-merah

China berhasil luncurkan Yuan digital, Dolar AS terancam?

yuan digital
Ilustrasi: Yuan digital/Foto : chinabrieing.com

ZONAUTARA.com – China berhasil meluncurkan Yuan digital mendahului Amerika Serikat (AS) dalam hal mendigitalisasi mata uangnya. Central Bank Digital Currency (CBDC) adalah mata uang berbentuk digital yang diatur oleh pemerintah, dan telah dikembangkan oleh negara-negara di dunia.

Dilansir dari CNBC, Senin (26/07/2021), China sudah meluncurkan Yuan digital kepada lebih dari satu juta warga China.

Keberhasilan China disebut telah menjadi tantangan terbesar terhadap status dolar Amerika Serikat (AS) sebagai cadangan moneter de facto, karena telah berhasil meluncurkan Yuan digital saat AS sebagian besar masih berfokus pada penelitian.

Dua kelompok yang bertugas untuk penelitian yang dilakukan AS, Inisiatif Mata Uang Digital MIT dan Federal Reserve Bank of Boston masih mengurai akan seperti apa nantinya mata uang digital Amerika.

Direktur Inisiatif Mata Uang Digital di MIT Media Lab, Neha Narula mengatakan, untuk dolar digital, privasi akan menjadi hal terpenting dalam riset. Menurutnya Amerika sangat berbeda dengan China.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com