bar-merah

Kemenkes: dosis Vaksin Sinovac suntikan ketiga pada tahun 2022

Sumber : Pexels

ZONAUTARA.com – Enam bulan pasca penyuntikan vaksin dosis Sinovac, terjadi penurunan antibodi tubuh penerima. Kondisi tersebut mengharuskan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengambil langkah untuk melakukan penyuntikan ketiga pada 2022 mendatang.

Pemberian suntikan ketiga tersebut baru bisa diberikan setelah 12 tahun suntikan pertama, hal ini berdasarkan rekomendasi Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Hal ini disampaikan oleh Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi,.

“Jadi baru tahun depan,” kata Nadia, Rabu (28/7).

Nadia tidak menyebutkan secara spesifik ihwal siapa saja kalangan yang jadi sasaran vaksinasi ketiga Sinovac. Dia hanya mengatakan bahwa rencana itu baru akan direalisasikan tahun depan.

Oleh karena itu, Kemenkes dan beberapa pihak terkait masih merumuskan rencana itu hingga matang.

“Untuk tahun depan kita lihat lagi perkembangannya,” ucapnya.

Nadia menyebut vaksin Sinovac masih efektif menurunkan potensi gejala bagi orang yang terinfeksi Covid-19. Hanya saja, seperti yang dia utarakan sebelumnya, ada penurunan antibodi dari orang yang disuntik setelah enam bulan.

“Betul ada penurunan tapi sampai saat ini masih efektif. Hasil yang sama juga dari studi dilakukan UNPAD dan Biofarma (Prof Kusnandi) didapatkan penurunan titer antibodi,” kata Nadia.

Sebelumnya, peneliti di China mengungkap efek vaksin Sinovac memudar setelah enam bulan penyuntikan dosis kedua.

Dari dua kelompok sampel yang diteliti, hanya terdapat 16,9 persen dan 35,2 persen yang masih terdeteksi memiliki antibodi setelah enam bulan vaksinasi dosis kedua.

Sementara itu, Epidemiolog Universitas Griffith Dicky Budiman mengatakan perlu dilakukan vaksin dosis ketiga atau booster. Apalagi, kata dia, kasus infeksi dan kematian saat ini tergolong tinggi. Booster tersebut ditujukan untuk menambah perlindungan.

“Perlu ada booster untuk menambah lagi perlindungan,” tandas Dicky.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com