bar-merah

Pakar epidemologi bilang Indonesia menuju jebakan pandemic

Sumber : Pexels

ZONAUTARA.COM – Indonesia kini sedang menuju pada jalur jebakan pandemi (pandemic trap) yang semakin dalam. Sehingga akan semakin sulit bisa keluar lebih cepat. Respon kendali juga tidak bisa dilakukan dengan tambal sulam seperti saat ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia (FKM UI), Pandu Riono, melalui cuitan di akun twitternya.

Dalam cuitannya tersebut, pandu Riono tak lupa menyebut atau mention akun twitter resmi milik presiden Joko Widodo.

Pandu Riono dalam ceritanya tersebut juga menyebutkan beberapa pilihan yang menurutnya dapat mengendalikan perkembangan pandemi di Indonesia.

Sumber : Pexels

“Pilihannya hanya satu, kendalikan pandemi dg 3M, Tes-Lacak-Isolasi dan Vaksinasi,” tulis Pandu di Twitter seperti dilihat, Jumat (30/7).

Saat dihubungi, Pandu menjelaskan lebih lanjut alasan menyebut RI sedang menuju jebakan pandemi itu. Dia menyebut saat ini RI belum berhasil mengendalikan pandemi.

“Karena sampai sekarang kan kita belum berhasil mengendalikan pandemi, nggak beres-beres. Nggak ada tanda-tanda bahwa kita akan berhasil pakai cara apapun. Artinya kita bisa lama sekali baru bisa menyelesaikan pandemi. Jadi Pak Jokowi sudah berakhir masa jabatannya mungkin juga belum selesai,” kata Pandu saat dihubungi, Jumat (30/7) malam.

Indonesia, kata Pandu, belum memiliki target dalam menangani pandemi. Dia menyebut cara RI dalam menangani pandemi menggunakan sistem tambal sulam.

“Karena masalahnya adalah kita nggak punya target. Kita mau mengakhiri pandemi itu kapan? Semuanya itu intervensinya tambal sulam. Ada kasus naik baru kita bikin PPKM darurat, padahal sudah bisa diprediksi bahwa kalau kita tidak melakukan pengetatan sejak awal maka akan terjadi peningkatan yang luar biasa,” katanya.

Pandu mengungkit bahwa Indonesia sempat diingatkan soal varian baru Corona yang sudah membuat negara lain waspada. Namun nyatanya yang ditakutkan benar terjadi di Indonesia.

“Sudah diingatkan oleh WHO, semuanya ngasih tahu ‘ini Indonesia ada ancaman bahaya’. Pada waktu kejadian di India sudah diingatkan jangan sampai di Indonesia seperti di India. Ya kan lama-lama kita itu seperti berkubang di dalam pandemi, lubang pandemi yang luar biasa,” katanya.

Menurutnya, Indonesia semakin dalam masuk ke lubang pandemi. Terlebih penularannya bukan hanya di Jawa, tapi sudah meluas ke seluruh pulau di Indonesia.

Ledakan Corona varian Delta

Penyebaran virus Corona varian Delta, kata Pandu, telah ditemukan di seluruh Indonesia. Dia menilai akan terjadi ledakan kasus Corona varian Delta ini.

“Kalau kita lihat sebaran Delta dari hasil surveilans genome itu sudah sampai Papua, di setiap udah ada kasus yang dilaporkan hasil genome sequencing, tinggal nunggu ledakan aja. Satu persatu akan terjadi ledakan, seperti kita beberapa bulan yang lalu tidak mengantisipasi ketika kita menemukan di Jawa dan di beberapa wilayah di Indonesia,” paparnya.

Pandu Riyono menambahkan, mengatasi uban demi harus dilakukan secara terencana dan terstruktur. Sebab jika tidak, justru akan semakin merosot ke dalam jebakan pandemi atau pandemic trap.

“Tapi dalam istilah epidemiologi itu ada tentang wabah trap yang kita tidak bisa mengatasinya karena kita tidak mengatasinya secara terencana, terstruktur,” tambah Pandu.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com