bar-merah

Bertambah 30.738 kasus baru, varian Delta Corona hampir merata menyebar di seluruh Indonesia

vaksin virus corona
Ilustrasi dari Freepik.com

ZONAUTARA.com – Pemerintah kembali menyampaikan perkembangan penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia. Dalam rilis yang disampaikan Minggu, 1 Agustus 2021, ada penambahan sebanyak 30.738 kasus baru yang dihimpun dari seluru wilayah Tanah Air.

Dengan penambahan kasus sebanyak itu, kini total kasus Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 3.440.396 kasus, yang dihitung sejak dari pertama kali ditemukannya penularan virus Corona di Indonesia.

Meski sudah mencapai angka 3,4 juta orang yang tertular, namun yang berhasil pulih atas sembuh ada sebanyak 2.809.538 kasus, bertambah 39.446 orang yang sembuh hari ini.

Sementara yang meninggal dunia, hari ini dilaporkan ada sebanyak 1.604 orang, total menjadi 95.723 orang yang meninggal karena tertular virus Corona.

Sebaran varian Delta

Terus bertambahnya kasus baru Covid-19 di Indonesia ini ikut dikontribusikan oleh penularan dari berbagai varian virus Corona terutama varian Delta.

Menurut Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi, varian Delta telah menyebar hampir merata di seluruh daerah di Indonesia. Kesimpulan ini didapat berdasarkan hasil penelitian spesimen.

“Varian Delta mendominasi 86 persen spesimen yang dilakukan sequencing dalam 60 hari terakhir, berasal dari 24 provinsi, sehingga dapat dikatakan persebaran ini hampir merata di seluruh Indonesia,” kata Siti Nadia seperti dilansir Antara, Minggu (1/8/2021).

Nadia mengatakan jejaring laboratorium genomic sequencing atau metode pengurutan genom untuk memetakan mutasi virus di bawah komando Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) terus berupaya menelusuri pola persebaran varian virus COVID-19 di Indonesia.

Sejak awal 2021 hingga 28 Juli, kata Nadia, Indonesia telah melaporkan 3.651 hasil pengurutan genom ke dalam database global. Tercatat di dalamnya, tiga dari empat varian virus Corona yang harus diwaspadai, yaitu varian Alfa, Beta, dan Delta.

Menurut Nadia, laporan tersebut patut menjadi perhatian bersama, mengingat potensi penularan varian baru corona di Indonesia masih sangat tinggi.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com