Mencari motivasi belajar di tengah pandemi Covid-19

Kontributor
Penulis Kontributor
Ilustrasi (Sumber: pexels.com)



ZONAUTARA.com – Sejak pandemi Covid-19 mulai meluas, kita dipaksa untuk menjaga jarak dengan orang lain. Makin meningkatnya kasus terinfeksi virus, makin renggang pula hubungan dengan sesama. Hingga semua pekerjaan sampai kegiatan belajar harus dilakukan di rumah.

Tak bisa dipungkiri, bersenda gurau dan berdiskusi dengan teman sekolah, bertatap muka dengan guru, menikmati makanan di kantin, adalah kegiatan yang kita rindukan.

Terlebih adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tentunya wajar jika menurunkan motivasi pelajar siswa.

Berikut beberapa tips agar tetap termotivasi saat belajar di rumah.

Ingat tujuan dan cita-cita

Mengapa saya bersekolah? Apa yang saya mau setelah ini? Jurusan apa yang ingin saya masuki setelah lulus? Apa cita-cita saya nantinya? Dan beberapa pertanyaan lain harus lah mulai ditanyakan ke diri anda sendiri.

Tujuan-tujuan besar berasal dari usaha yang besar pula, salah satunya adalah ketika belajar, meski terhalang pandemi.

Bayangkan ketika anda berhasil meraih cita-cita yang sudah anda idam-idamkan. Bayangkan juga ketika anda memakai jas almamater kampus impian anda. Maka dari situlah motivasi-motivasi dari dalam diri anda dapat terlahir kembali.

Buat to do list setiap harinya

Perkembangan berawal dari perubahan dan kegiatan-kegiatan kecil yang anda selesaikan. Mulailah dengan menuliskan kegiatan apa yang ingin dilakukan dan diselesaikan ketika belajar di rumah. Catat semuanya agar tidak ada yang tertinggal.

Beri catatan waktu di tiap tugasnya agar semua dapat dilaksanakan tepat waktu. Ketika anda mulai kehilangan motivasi, buka catatan to do list tersebut dan mulailah menyelesaikannya satu-persatu.

Jangan hanya belajar, lakukan hobi yang menyenangkan

Kegiatan belajar dilakukan di rumah, tugas pun semakin banyak dan rumit. Namun angan selalu memusingkan diri dengan itu.

Beri waktu untuk diri anda sendiri dalam bersenang-senang. Poin plus jika anda memiliki hobi yang menyenangkan seperti memasak, menanam, menggambar, menonton film, dan lain-lain.

Ketika pikiran sudah segar, maka menghadapi kelas dan buku pelajaran sudah bukan perkara yang memusingkan lagi.

Buat susasana belajar senyaman mungkin

Agar tidak bosan selama belajar, anda bisa menata ulang ruang belajar. Anda juga bisa belajar di mana pun agar suasana tidak membosankan.

Berpindah-pindah tempat belajar bukanlah ide yang buruk selama masih berada di dalam rumah. Anda bisa belajar di teras rumah, kamar, ruang nonton TV, dan lain sebagainya agar selalu mendapat suasana baru dan motivasi belajar akan selalu ada.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com