7 Kebiasaan belajar yang harus kamu ubah ketika pandemi

Kontributor
Penulis Kontributor
Ilustrasi belajar dari rumah (Sumber: unsplash.com)



ZONAUTARA.com – Kebiasaan-kebiasaan dalam belajar saat sebelum pandemi dan ketika pandemi Covid-19 tentunya harus mengalami perubahan.

Segala hal yang mulanya dilakukan sebagian di sekolah, tempat les, dan di rumah, kini semuanya harus berada di rumah. Lalu kebiasaan apa saja yang perlu digaris bawahi untuk segera kamu re-organisir dalam belajar saat pandemi?

Mengutip dari Center of Academic Innovation University of Michigan, beberapa strategi ini mesti kamu coba ketika belajar di rumah:

  • Hindari multitasking
  • Bukan malah menguntungkan, melakukan semua hal dalam satu waktu atau multitasking malah membuat kamu mengerjakan tugas-tugasmu dalam waktu yang lama. Maka kerjakan satu per-satu. Jika salah satu sudah selesai, mulailah tugas yang lainnya.

    Buat jadwal kegiatan

    Agar semua tugas dapat selesai tepat waktu, buat jadwal aktivitas salam sehari. Kamu bisa membaginya dalam tiga bagian besar yaitu aktivitas yang wajib dilakukan seperti kelas, lalu waktu untuk belajar pribadi, dan jadwalkan waktu untuk urusan personal seperti makan siang atau beristirahat.

    Manfaatkan kelas daring sebaik-baiknya

    Kamu bisa menyiapkan pertanyaan jik aada materi yang belum dipahami. Jangan lupa untuk menutup aplikasi selain untuk keperluan belajar mengajar agar tidak mengganggu. Yang terpenting juga catat semua penjelasan guru dan buka video rekaman kelas untuk mengigat-ingat materi.

    Adaptasi dengan cara belajar yang baru

    Jika kamu terbiasa untuk belajar di luar, maka sebisa mungkin buat suasana rumahmu seperti sedang berada di luar ruangan. Kamu juga bisa membuat grup belajar daring jika kamu sudah terbiasa melakukannya bersama teman-teman secara luring.

    Bekerja dalam tim

    Bekerja dengan tim akan meningkatkan semangatmu dalam belajar. Agar efisien, jadwalkan kegiatan pertemuan beserta materi yang akan dibahas bersama-sama.kerja tim

    Tetap bersosialisasi dengan orang lain

    Meski tak bisa bertatap muka, membangun komunikasi dengan penutor maupun guru sangatlah penting. Bercengkrama dengan teman sekelas secara daring juga direkomendasikan.

    Tetap teratur

    Beberapa aturan dalam kelas atau tutor mungkin berubah. Maka catat semuanya dan atur jadwal tersebut. Atur jadwal kelas dan jadwal pribadimu agar semuanya berjalan beriringan, dan kegiatan belajar di rumah tak lagi membosankan.



    Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



    Share This Article
    Leave a comment
    WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com