ZONAUTARA.comBagaima pun kondisinya, guru akan selalu mendukung anak didiknya untuk terus belajar dan membantu menemukan cita-cita dan nilai dalam dirinya. Namun, pandemi Covid-19 membuat semuanya tak bisa dikatakan mudah. Siswa banyak yang bosan, stress, karena harus belajar di rumah.

Orang tua memang berperan sangat penting dalam memotivasi anaknya di rumah, namun guru pun demikian pentingnya. Maka dari itu, berikut merupakan ide dalam mengajar siswa saat Covid-19 dari seorang pakar pendidik, Patrick Cook-Deegan.

Tekankan motivasi melebihi angka nilai

Keadaan pandemi virus Covid-19 yang tak kunjung turun membuat turunnya motivasi belajar siswa juga. Hal itu tentu akan mempengaruhi nilai yang didapatkan. Obsesi guru pada angka hanya akan membuat siswa semakin tertekan.

Mulailah dengan membantu mereka menemukan kesenangan dan motivasi dari dalam diri siswa yang memiliki nilai tidak stabil.

Ketika kesukaan itu telah didapatkan, maka belajar tak hanya dilakukan karena merupakan suatu keharusan, namun karena mereka menyukainya.

Buat pembelajaran komunikatif dengan membentuk tim

Meski segala kegiatan pembelajaran dilakukan dengan daring, tetap tak menghalangi kerja sama antar siswa. Komunikasi dan kemampuan untuk mengerti satu sama lain berangkat dari komunikasi dan kerja sama dalam kelas, meski daring.

Cook-Deegan pun mengatakan bahwa kerja sama dalam kelas dapat melatih siswa dalam dunia kerja, di mana kerja tim merupakan unsur yang penting.

Self reflection dalam kegiatan belajar-mengajar

Jarak antara rumah dan sekolah yang makin terkikis, membuat batin siswa tentu makin terguncang.

Jadikan self reflection sebagai materi pada kegiatan pembelajaran agar siswa lebih dekat dengan pelajaran dan kehidupannya saat ini.

Arahkan siswa untuk melihat tujuan dan cita-citanya

Ingatkan siswa untuk bertanya siapa dirinya, tak hanya terbatas pada tembok sekolah. Apa yang mereka inginkan di depan sana, apa yang dicita-citakannya.

Dorong siswa untuk mengilhami pelajaran yang sedang dilakukan, sehingga siswa akan belajar dengan dorongan tujuan-tujuan tersebut dan merasa penting juga bersemangat pada pelajaran-pelajaran yang anda sampaikan.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id