bar-merah

Menjaga intimasi hubungan rumah tangga selama pandemi Covid-19

Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi dan karantina mengubah segala sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan kita. Hal tersebut pun tak hanya terjadi di lingkungan kerja maupun sekolah, namun rumah tangga pun mendapat dampaknya.

Anda dan pasangan mungkin selama ini baik-baik saja menjalankan sebagian aktivitas masing-masing dan sebagian aktivitas bersama di rumah.

Namun karena adanya pandemi Covid-19, semua hal mulai dari pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, semua dilakukan di rumah. Hal ini menjadi tantangan sendiri bagi anda dan pasangan, bukan?

Sudah berbulan-bulan pandemi terjadi, bahkan lebih dari satu tahun telah ada di Indonesia. Sentiment dan stress berlebih pasti pernah dirasakan.

Mungkin sebelumnya, jika anda memiliki masalah dengan pasangan, anda bisa mengalihkannya dengan hal lain di luar rumah. Namun sekarang, ada atau tidak adanya masalah, anda terkunci dan selalu bersama pasangan anda.

Lalu bagaimana cara untuk menjaga intimasi hubungan dengan pasangan selama pandemi? Berikut tipsnya.

Jadikan pasangan anda selayaknya teman baik

Dr. J-P Laurenceau, professor bidang psikologi dan sains otak, mengatakan bahwa ketika dalam keadaan pandemi, stress, dan penuh amarah, lebih baik redam hal-hal tersebut karena hal tersebut tidak lebih penting daripada semua adu argument yang dilakukan.

Dari sudut pandang tersebut, memandang dan mendekati pasangan dengan belas kasih dan rasa hormat akan lebih mudah dilakukan.

Jaga komuniasi, jujur dengan apapun yang anda rasakan

Jika sudah menjadikan pasangan anda selayaknya teman, anda pasti mau untuk jujur kepadanya. Tentang ketakutan anda dalam hubungan rumah tangga saat karantina, atau tentang perasaan satu sama lain selama menghabiskan waktu berdua di rumah.

Ketika sudah bisa jujur, maka mengertilah dengan perasaan pasangan kalian. Ambil Tindakan yang dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Anda juga bisa mengungkapkan kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi sebagai individu dan pasangan selama berada di dalam rumah.

Beri ruang dan waktu masing-masing untuk sendiri

Meski sudah menikah, tak jarang bahwa terdapat ketidak cocokan dalam beberapa hal. Perbedaan tentu wajar dimiki sesame manusia. Maka dari itu, untuk menjaga dinamika rumah tangga, anda bisa memberikan space atau ruang bagi pasangan anda.

Kapan waktu untuk membiarkannya sendiri dan melakukan apa yang ia senangi tanpa campur tangan anda. Sediakan juga waktu untuk memupuk romantisme berdua.

Jika anda dan pasangan sama-sama melakukan Work From Home (WFH), anda juga bisa memisahkan ruangan kerja antara anda dan pasangan. Hal tersebut juga merupakan salah satu kiat-kiat dalam memberi ruang sendiri untuk pasangan anda.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com