bar-merah

Agar aman berbelanja online saat pandemi, ikuti langkah berikut ini

Ilustrasi e-commerce (Sumber: pixabay.com)

ZONAUTARA.com – Berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari memang bukan lagi hal baru bagi kita semua. Namun karena adanya pandemic Covid-19, kebiasaan berbelanja beralih dari yang awalnya berbelanja secara langsung mengunjungi toko, kini dilakukan secara daring.

Mengutip dari survey yang dilakukan oleh United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), hasilnya menyebutkan bahwa presentase pembelanjaan online meningkat saat pandemi, meski keseluruhan presentase pembelanjaan menurun.

Dalam survey tersebut, tercatat bahwa pembelanjaan online meningkat sebesar 6 hingga 10 poin di sebagain besar kategori produk. Presentase terbesar terletak pada produk elektronik, alat berkebun, farmasi, pendidikan, furniture/produk rumah tangga, dan kosmetik/perawatan pribadi.

Untuk anda yang belum terbiasa berbelanja online, mungkin sempat meragukan, bagaimana sistemnya, bagaimana barangnya, dan apakah barangnya sesuai dengan yang kita harapkan? Maka dari itu, berikut merupakan tips agar anda aman berbelanja online saat pandemi Covid-19.

Belanja di e-commerce terpercaya

Banyak sekali platform belanja di internet. Dari website, aplikasi, hingga sosial media yang biasa kita gunakan. Untuk menghindari risiko, anda bisa memilih belanja di e-commerce terpercaya yang sudah memiliki sistem yang baik dalam transaksinya. Sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, anda bisa mengembalikan barang ataupun meminta uang kembali.

Amati baik-baik detail barang dan ukuran

Sebelum membeli, amati baik-baik detail barang mulai dari ukuran, bahan yang digunakan, warna, dan spesifikasi lain yang anda butuhkan. Jika hal-hal tersebut tidak dicantumkan dalam detail produk, anda dapat menanyakannya ke penjual.

Mengamati detail produk perlu agar barang yang kita pesan tidak salah spesifikasi yang akhirnya merugikan kita sendiri.

Teliti testimoni yang diberikan pembeli lain

Untuk lebih meyakinkan, anda dapat mengamati testimonial yang diberikan oleh pembeli lain. Jika banyak testimoni buruk yang diberikan, maka anda bisa berpikir ulang membeli barang tertentu di toko tersebut atau tidak.

Pengalaman pembeli sangat penting bagi penjual. Ketika pembeli lain tidak puas dengan penjual, maka dapat menjadi koreksi dan pertimbangan juga untuk keputusan pembelian anda.

Ketika sudah sampai, jangan lupa semprot bungkus paket dengan disinfektan

Tidak pernah ada jaminan bahwa barang yang anda terima dalam keadaan bersih dari virus Corona. Maka jangan lupa tetap sedia disinfektan ketika kan membuka paket.

Buat video unboxing

Video ketika membuka paket perlu dilakukan agar jika ada kerusakan atau ketidak sesuaian barang, maka anda memiliki bukti bahwa hal tersebut bukan berasal dari ulah anda, namun sejak awal dari penjual.

Ketika anda sudah menerapkan tips di atas, maka anda dapat berbelanja lagi dengan tenang saat pendemi Covid-19 tanpa khawatir barang tidak sesuai harapan anda.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com