ZONAUTARA.COM – Pandemi belum berakhir, banyak kegiatan maupun pertemuan yang dialihkan secara daring. Kendati demikian, kondisi ini menjadi kekhawatiran bagi siapa saja yang mengandalkan kuota internet dalam melakukan virtual meeting tersebut.

Pasalnya, sudah jadi rahasia umum jika pertemuan daring menghabiskan cukup banyak kuota. Padahal cara ini merupakan hal yang paling aman untuk dilakukan di masa pandemi ini.

Namun, jangan khawatir. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet meski rajin melakukan virtual meeting. Berikut cara menghemat kuota internet saat virtual meeting menggunakan Google Meet:
 
1. Google Meet di ponsel
Aplikasi seluler Google Meet memiliki opsi “Meet saver mode”. Pilihan ini dapat membatasi penggunaan data, menghemat kuota internet, dan menghemat baterai ponsel. 

Caranya, ketuk tiga garis di sudut kiri atas. Kemudian, klik “Setting” dan aktifkan “limit data usage”. 
 
2. Google Meet di website
Pada tampilan desktop di Chromebook, pilih menu tiga titik vertikal di pojok kanan bawah. Kemudian, pilih Setelan. Pada bagian video, ubah resolusi. Ada beberapa pilihan resolusi dimana semakin besar maka semakin banyak kuota internet yang dipakai. 
 
3. Hanya gunakan audio
Ini adalah opsi paling mudah. Pilihan ‘only audio’ muncul dalam opsi setelan pada website. Sementara, cukup pencet tanda video di tampilan Google Meet mobile dimana tambahan tanda coret berarti video Anda tak terlihat. 

Tunggu apa lagi, terapkan trik ini dan rasakan kuotamu menjadi lebih hemat. Selamat mencoba