ZONAUTARA.com Sadarkah anda bahwa orang-orang yang sukses cenderung menggunakan baju yang serupa setiap hari? Kira-kira apa yang melatar belakanginya?

Pakaian merupakan salah satu cara membentuk citra diri di depan orang lain. Meski tak bisa mendefinisikan siapa anda, dengan pakaian yang rapi dan bagus, akan ada pandangan dan interpretasi tertentu yang orang lain sematkan kepada anda.

Tokoh besar yang sukses seperti Mark Zuckerberg lebih memilih memakai baju yang serupa setiap harinya. Seorang tokoh besar lainnya adalah Barack Obama. Mantan presiden Amerika Serikat itu mengaku bahwa ia sering menggunakan setelan abu-abu atau biru. Memangnya, apa saja keuntungan menggunakan pakaian yang itu-itu saja ala orang-orang sukses tersebut?

1. Tak membuang energi

Tak bisa disangkal bahwa memilih dan memutuskan untuk melakukan sesuatu pasti akan membutuhkan energi. Begitu pula saat kita memilih pakaian apa yang akan kita kenakan di pagi hari.

Orang yang sukses memilih untuk mengalihkan energinya pada hal-hal yang lebih penting dari pada memilih baju dan menggunakan mode-mode terbaru, karena mereka harus bekerja dengan banyak hal dengan energi yang banyak pula. Mereka lebih memilih energi yang dimiliki lebih baik disimpan untuk keperluan yang lebih besar.

2. Tak membuang waktu

Waktu juga merupakan hal yang sangat berharga untuk orang-orang sukses. Seperti pepatah mengatakan “bahwa waktu adalah uang”. Ya, waktu sama berharganya dengan uang, bahkan kadang kala lebih.

“Saya berusaha untuk mengurangi keputusan untuk memilih pakaian apa yang saya gunakan atau makanan apa yang akan saya makan. Banyak keputusan lain yang lebih besar yang harus saya buat,” ujar Obama. Mark Zuckerberg pun memiliki pemikiran yang sama, lebih meluangkan waktunya untuk hal yang baginya benar-benar penting.

3. Tak membuang uang

Tentu saja kebutuhan akan pakaian yang mengikuti zaman pasti membutuhkan uang. Orang sukses lebih memilih menginvestasikan uangnya pada hal-hal yang lebih besar dan jauh lebih menguntungkan daripada sekadar pakaian.

4. Menjadi ciri khas

Menggunakan pakaian yang itu-itu saja memang bisa jadi membuat orang lain bosan, bisa juga terlihat monoton. Namun hal itu malah bisa menjadi ciri khas anda. Anda bisa memiliki citra pakaian tertentu di mata orang lain.

Meski pakaian anda biasa-biasa saja, sikap yang baik, perangai yang budimanlah yang akan membuat kecantikan dari dalam diri anda terpancar.

5. Damai karena menjadi apa adanya

Salah satu hal yang membuat anda damai adalah ketika menjadi apa adanya. Ketika memakai baju yang tak menonjol dan biasa saja, bisa jadi membawa damai bagi diri anda karena itu adalah pilihan anda dan anda nyaman menggunakannya. Anda tak perlu memikirkan tuntutan fashion terkini.

Mengikuti mode fashion atau tidak, memakai baju yang itu-itu saja atau tidak, merupakan preferensi setiap orang. Yang paling penting, anda harus nyaman dengan apa yang anda kenakan. Jadi, berpakaianlah sesuai versi ternyaman diri anda.