ZONAUTARA.COM — Salah satu definisi dari Life Balance atau keseimbangan dalam hidup adalah, kondisi di mana waktu untuk bekerja dan waktu untuk bersenang-senang dapat dilakukan secara beriringan.

Memiliki hidup yang seimbang tak perlu menunggu keajaiban yang berasal dari luar diri kita. Kita sendiri bisa mengusahakan hidup kita agar seimbang. Berikut cara agar hidup kita seimbang.

1. Hidup teratur

Setiap hari, anda perlu memiliki jadwal untuk hidup anda. Bisa jadwal harian, mingguan, bahkan bulanan. Catat semua kewajiban yang harus anda lakukan. Catat juga waktu luang yang bisa anda manfaatkan untuk refresing .

Dengan menjalani hidup yang teratur, anda akan lebih mengetahui porsi anda sendiri dalam menghabiskan waktu bekerja dan bersenang-senang. Jika anda tidak mengaturnya, bisa jadi antara bekerja maupun bersenang-senang, bisa berat sebelah.

2. Pilih pekerjaan sesuai keinginan

Agar nyaman dalam menghadapi hari-harimu, anda bisa memilih pekerjaan sesuai dengan bidang yang anda sukai. Betapa menyenangkannya jika anda melakukan hobi yang anda senangi, dan menerima imbalan atas hal itu.

Meski tak semudah membalikkan telapak tangan, memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion, masih bisa diusahakan. Hal itu akan membuat hidup anda nyaman dan seimbang.

3. Tidur teratur

Sesibuk apapun anda, tidur teratur merupakan salah satu kunci utama badan yang bugar. Badan kita merupakan aset paling utama untuk melakukan pekerjaan dan menjalankan hal-hal menyenangkan.

Atur waktu tidur teratur anda. Tidurlah di tempat yang nyaman agar nyenyak, dan sambut esok pagi dengan semangat.

4. Berpikir segala kemungkinan bisa terjadi

Dalam hidup, kita bisa jadi menemui kesulitan dan kesenangan. Pikirkan bahwa keduanya bisa datang kepada kita semua kapan pun dan di mana pun. Maka dari itu, persiapkan diri anda dan terbukalah dengan kemungkinan apapun.

Ketika anda memiliki pemikiran bahwa bisa jadi anda akan mengalami kesusahan, maka tubuh dan pikiran anda akan lebih siap menerima dan mencari solusinya. Hal ini tentu akan menyeimbangkan hidup anda.

5. Lakukan hobi yang menyenangkan

Bersepeda, berenang, membaca buku, lakukan apapun yang membuat anda senang. Jangan melulu berkutat dengan pekerjaan yang menumpuk. Segarkan otak dan tubuh anda dengan melakukan hal-hal yang anda senangi agar hidup anda seimbang.

6. Bergaul dan pererat hubungan sosial

Sebagai makhluk sosial, berhubungan dan berbagi tawa dengan manusia lain tentu membuat kita lebih hidup. Buat jejaring pertemanan yang mengasyikkan dan saling support dengan pekerjaan masing-masing.

7. Jaga kesehatan mental dan fisik

Kesehatan pikiran dan fisik tak bisa dilewatkan dalam hal hidup yang seimbang. Sesibuk apapun, makanlah makanan yang bergizi dan lakukanlah olahraga secara teratur.