ZONAUTARA.com — Dalam menjalin hubungan, rasa cemburu saat pasangan melakukan beberapa hal dengan orang lain memang maklum terjadi. Ada rasa berkecamuk dari dalam diri ketika si dia terlihat sangat bahagia, tapi bukan dengan anda.

Cemburu memang wajar terjadi. Namun cara mengekspresikan rasa cemburu andalah yang harus bisa anda kontrol, agar tidak merugikan pihak manapun. Maka dari itu, berikut merupakan tips mengatasi cemburu pada pasangan.

1. Tingkatkan kepercayaan

Kepercayaan merupakan landasan kokoh untuk anda dan pasangan menjalin hubungan yang bebas namun bertanggung jawab. Kepercayaan pula yang akarnya harus dikokohkan dalam hubungan.

Percayalah bahwa pasangan anda adalah orang yang dapat dipercaya. Ia tak akan melakukan hal-hal yang membahayakan dan meretakkan hubungannya dengan anda. Dengan begitu, rasa cemburu tak akan hinggap di kepala anda.

2. Berpikir sebelum bertindak

Ketika anda melihat pasangan melakukan sesuatu, dan rasa cemburu menghampiri anda, jangan langsung bertindak. Tenangkan diri, tarik napas, dan dalam hitungan 10 detik anda akan kembali tenang.

Pikirkan kemungkinan baik yang dilakukan pasangan anda. Tidak semua kecemburuan yang ada di pikiran, benar adanya.

3. Tak perlu minder, tingkatkan rasa percaya diri

Rasa cemburu tak hanya datang karena kurangnya kepercayaan pada pasangan. Cemburu juga bisa datang karena kurangnya kepercayaan diri anda.

Tegapkan pundak dan busungkan dada, bahwa anda adalah orang yang dia sayang. Ketika anda tidak percaya diri, anda akan mulai mencemburui hal-hal yang bahkan tak patut untuk dicemburui.

4. Komunikasikan perasaanmu pada pasangan

Jika rasa cemburu itu tak kunjung hilang dan anda masih penasaran dengan apa yang sebenarnya pasangan anda lakukan, dan rasakan, maka komunikasikan hal tersebut.

Jujurlah padanya bahwa anda merasa cemburu. Anda juga bisa menanyakannya bagaimana perasaan pasangan anda pada hal yang anda cemburui. Dengan komunikasi yang baik, maka rasa percaya dalam hubungan juga akan membaik.

5. Ekspresikan rasa cemburu dengan baik

Tidak masalah untuk merasa cemburu dalam suatu hubungan. Semua orang pasti pernah mengalaminya. Bahkan, cemburu bisa jadi tanda bahwa anda menyayanginya.

Namun jangan sampai anda mengekspresikan rasa cemburu dengan tidak baik. Misalnya dengan kemarahan, bersikap dingin, dan tindakan lain yang akan meretakkan hubungan anda.

6. Tetap jangan abaikan perasaan anda

Ketika anda merupakan orang yang jarang cemburu, namun tiba-tiba anda merasa semuanya janggal hingga ada titik di mana anda merasakannya, jangan abaikan perasaan itu.

Tidak ada yang pernah tahu kebenaran atas segalanya. Maka dari itu, anda bisa melakukan klarifikasi pada pasangan dan anda juga bisa memastikan bahwa kecemburuan anda memang tindakan yang tak perlu.