ZONAUTARA.COM Sebagai manusia, hidup bersosial dengan orang lain merupakan suatu keharusan. Saling membutuhkan dan menolong merupakan ciri hidup bersosial.

Di antara ikatan tersebut, manusia pasti lahir dan tumbuh dengan latar belakang yang berbeda-beda. Mulai dari budaya, suku, bahasa, dan berbagai hal lainnya. Untuk itu, perlu untuk kita memahami dan menghargai perbedaan itu.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak suku dan budaya yang tersebar dari Sabang, sampai Merauke. Untuk memahami dan menghargai perbedaan budaya agar hidup selaras dengan orang lain, libatkan diri dengan hal-hal berikut.

1. Perbanyak teman dari berbagai macam latar belakang

Jangan menutup diri degan jejaring pertemanan yang beragam. Dengan memiliki banyak teman dari latar belakang yang berbeda-beda, anda bisa perlahan-lahan memahami perbedaan budaya yang anda miliki dengan mereka.

Anda juga bisa saling bertukar informasi tentang budaya yang anda miliki dengan teman-teman anda.

2. Ikuti festival budaya

Festival budaya banyak diadakan, untuk memperkenalkan budaya-budaya tertentu. Ikuti helatan serupa festival budaya, agar anda juga bisa mempelajari dan bahkan berpartisipasi untuk melakukan pertukaran wawasan.

3. Belajar bahasa baru

Bahasa merupakan salah satu modal untuk memahami budaya lain. Anda bisa belajar bahasa baru agar memperluas kemampuan berbahasa dan bersosialisasi. Anda juga bisa memahami kosa kata yang bisa jadi tak ada di bahasa anda. Mengasyikkan bukan?

4. Selalu berpikiran terbuka, dobrak zona nyamanmu

Jika selama ini anda selalu dikelilingi dengan orang dengan latar belakang dan suku serta budaya yang serupa, maka mulai saat ini anda bisa mendobrak zona nyaman tersebut. Perbanyak belajar dan berkenalan dengan dunia di luar zona anda.

5. Pelajari perbadaan budaya dari buku

Buku merupakan salah satu sumber yang bisa anda pelajari tentang budaya tertentu. Selain belajar dengan cara mendengarkan cerita teman atau mendatangi festival, buku juga cukup efektif untuk anda bisa belajar lebih dalam lagi.

6. Melakukan perjalanan ke berbagai tempat

Anda bisa melakukan perjalanan ke berbagai tempat dengan budaya yang berbeda dari yang biasa anda temui. Langsung melakukan aksi berkunjung tersebut dapat membuat pikiran anda lebih terbuka. Learning by doing merupakan frasa yang tepat untuk menggambarkan poin ini.

7. Temukan persamaan antara budaya satu, dengan lainnya

Selain menemukan perbedaan untuk dapat memahami dan menghargainya, anda juga bisa menemukan persamaan uniknya. Dari situ, anda bisa mempelajari lebih lanjut mengapa budaya satu mirip dengan budaya yang lain dilihat dari runtutan sejarah.

8. Tidak masalah untuk tak setuju

Budaya yang bisa kita pelajari tak hanya satu dan dua. Beberapa mungkin sesuai dengan apa yang selama ini kita pegang, namun beberapa yang lain tidak. Tidak masalah jika anda tidak menyetujui semuanya. Anda bisa menyatakan ketidaksetujuan dengan cara yang bijaksana.